Mercedes Benz S600 Guard Bakal Jadi Tumpangan Presiden

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 09 52 2150966 jokowi-pesan-2-unit-mercedes-benz-s600-guard-Wttr92DcZR.jpeg Unit kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden RI saat terparkir di DPR/MPR RI (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Pengadaan mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo dengan jenis Mercedes Bens S600 diketahui telah dilakukan sejak tahun lalu. 

Layanan pengadaan sistem elektronik dengan kode 26344011 yang diunggah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg),19 Maret 2019 menunjukkan Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) selaku pemenang pengadaan telah melakukan pengiriman unit kepada Kemensetneg pada akhir Desember 2019.

"Untuk penggunaannya bisa menghubungi pihak Sekretariat Negara ya,"kata Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI Kariyanto Hardjosoemarto lewat pesan singkat kepada Okezone di Jakarta.

Pengiriman mobil dinas baru ini hanya berselang empat bulan, sejak Mercedes Benz S600 Guard ditetapkan sebagai pemenang dalam prosedur penunjukan langsung. 

Berdasarkan keterangan resmi Kemensetneg Agustus 2019, juga terdapat pernyataan mengenai jumlah mobil yang dipesan.

Mobil Presiden

Kemensetneg menyebut melakukan pemesanan dua unit kendaraan kelas VVIP berdasarkan anggaran yang tersedia pada 2019. Jumlah unit kendaraan ini sudah termasuk mobil dinas untuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan tipe serta spesifikasi serupa.

Usai kendaraan diserahkan kepada Kemensetneg, Mercedes Benz S600 Guard buatan 2019 itu akan menggantikan unit mobil dinas sebelumnya yang sudah digunakan sejak 2009. Jadi, setidaknya sudah kurang lebih sepuluh tahun mobil ini dipakai.

Bahkan, unit mobil yang saat ini digunakan tercatat pernah mengalami kerusakan mesin saat bertugas menunjang kegiatan kenegaraan. Sehingga Kepala Negara harus berpindah menggunakan mobil cadangan untuk melanjutkan perjalanan dinasnya.

Belum ada keterangan resmi kapan mobil Mercedes Benz S600 Guard baru ini akan menjalankan tugas perdananya membawa Kepala Negara.

Pihak Mercedes Benz juga enggan berkomentar lebih jauh mengenai persiapan pemakaian kendaraan tersebut. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini