nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inikah Moda Transportasi Masa Depan Berbentuk Kapsul

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 52 2151395 inikah-moda-transportasi-masa-depan-berbentuk-kapsul-ndwtcHzwtF.jpg Segway S-Pod moda trasnportasi masa depan (foto: ist)

LAS VEGAS - Ajang pameran Cunsumers Electronic Show (CES) 2020 begitu meriah dan menarik karena banyak produk mutakhir dan modern dipajang di momen ini.

Salah satunya produsen Segway yang tahun ini memperkenalkan moda transportasi masa depan berbentuk kapsul yang diberi nama segway S-Pod.

Pengoperasian alat transportasi ini menggunakan teknologi penyeimbang otomatis, seperti pada skuter Segway. Bedanya, untuk menggerakkan kendaraan ini, pemiliknya bisa melaju sembari duduk nyaman. Alat kendali kendaraan ini berasal dari tombol putar yang tersedia.

 Segway S-Pod

Model kendaraan tersebut sementara kecepatannya dibatasi hanya mencapai 12 Kpj. Namun, kecepatan maksimum moda transportasi futuristik mirip kursi berjalan itu sejatinya bisa mencapai lebih dari 38 Kpj jika perangkat limiternya dicabut, seperti dilansir dari laman Wired.

 Segway S-Pod

Tidak disebutkan kapasitas baterai bawaan kendaraan listrik, berbasis konsep moda transportasi kawasan terbatas itu. Namun, jarak jelajah dari kendaraan ini diperkirakan mencapai 70 kilometer, dengan kemampuan melalui permukaan jalan menanjak sekitar 10 derajat.

Rancangan peruntukan alat transportasi ini disebut siap diterapkan pada kawasan kampus, bandara, hingga taman wisata. Kemudahan operasional kendaraan ini juga didukung dengan klaim bahwa sistem penyesuaian gravitasi Segway mencegah pengendara terguling selama menggunakan S-pod tersebut.

 Segway S-Pod

Segway belum mengonfirmasi kemungkinan untuk memproduksi alat transportasinya secara luas. Berdasarkan fenomena pembatasan skuter elektrik di sejumlah negara, ada perkiraan penerimaannya sebagai alat transportasi pribadi di wilayah perkotaan cukup sulit untuk diterapkan.

Sebelumnya perusahaan yang sama sempat mengambil langkah untuk mengembangkan dan menyiapkan dua tipe motor trail listrik. Tenaga penggerak kedua motor itu berasal dari motor berkekuatan 3 kW dan 5 kW, dengan variasi jarak jelajah sekitar 50 sampai 120 kilometer. Produk bernama Segway X160 dan Segway X260 diperkirakan mulai meluncur akhir 2020 nanti. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini