nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketangguhan Hagglunds Bandvagn 206 PMI Berhasil Tembus Jalur Berat Bencana Banjir

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 10 52 2151448 ketangguhan-hagglunds-bandvagn-206-pmi-berhasil-tembus-jalur-berat-bencana-banjir-d0wXOMra03.jpg Hagglunds Bandvagn 206 tembus medan berat bencana banjir (foto: twitter PMI)

JAKARTA - Hagglunds Bandvagn 206 buatan Swedia yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) rupanya bukan kaleng-kaleng. Mobil dengan roda rantai ini mampu melibas jalur berat yang tak bisa dilewati kendaraan biasa bahkan mobil penggerak 4x4.

Secara teknis Hagglunds Bandvagn 206 milik PMI dijadikan kendaraan penjemput bola dari bantuan yang akan disalurkan kepada korban bencana banjir di Kampung Suzukan dan Kampung Bolang, Lebak Banten.

 Hagglunds Bandvagn 206

Sejumlah desa tersebut, menjadi lokasi paling parah dalam bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Bahkan desa ini sempat terisolir karena putusnya jalan akibat longsor saat bencana banjir terjadi.

 Mobil PMI

"Medan berlumpur yang sulit diterjang, PMI menurunkan armada haglund dan helikopter untuk membawa bantuan logistik berupa makanan, minuman dan perlengkapan untuk bayi. #PMISiapBantu," ungkap postingan PMI melalui akun media sosialnya.

Hagglunds dibekali dengan mesin V6 dari Ford Cologne yang berkapasitas 2.800 cc, Hagglunds mampu mendobrak tenaga sebesar 132 hp dan tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan yang biasa digunakan oleh pabrikan asal Jerman Merceds-Benz.

Dari segi dimensi, mobil ini mempunyai panjang 6.9 meter yang termasuk dengan trailernya. Lebar mobil ini mencapai 1,87 meter, dan tinggi 2,4 meter. Sementara bobot keseluruhan mencapai 4.5 ton dan mampu mengangkut beban hingga 630 kg serta 1.610 kg pada bagian trailernya.

Hagglunds Bandvagn 206 dalam tayangan video yang dibagikan, terlihat kendaraan taktis yang biasa digunakan militer tersebut terlihat menyusuri jalan sulit dan menjadi kendaraan pengumpan untuk menyalurkan bantuan.

 Mobil Hagglunds Bandvagn 206

Untuk mencapai titik penjemputan sendiri, diperlukan kendaraan dengan penggerak roda 4x4, yang kemudian di bantu menggunakan Hagglunds Bandvagn 206, untuk mencapai wilayah desa yang terisolir akibat jalan putus dan tidak bisa dilewati mobil biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini