nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nissan Pamer Mobil Listrik Penggerak Empat Roda di CES 2020

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 18:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 10 52 2151538 nissan-pamer-mobil-listrik-penggerak-empat-roda-di-ces-2020-OK6qoYTUmj.jpg Nissan e-4orce tampil di CES 2020 (foto: Ist)

LAS VEGAS - Ajang pameran teknologi CES 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat juga menjadi panggung unjuk gigi bagi produsen otomotif seperti Nissan. Dalam pameran ini perusahaan asal Jepang tersebut, memboyong purwarupa sistem penggerak empat roda performa tinggi mobil listrik bernama e-4orce.

Sistem ini terdiri dari pemasangan motor listrik ganda, yang masing-masing menggerakkan poros depan maupun belakang. Teknologi pengolahan daya hasil regeneratif saat pengereman mobil, juga membantu tingkat efisiensi penggunaan daya juga meningkatkan kenyamanan berkendara mobil listrik Nissan.

 Nissan

Nissan mengklaim teknologi ini menambah kepercayaan diri pengemudi, juga kesenangan berkendara dengan mobil listrik. Hal itu diungkap Vice President of Research and Advanced Engineering Nissan, Takao Asami. "Teknologi ini menunjang manuver menikung optimal juga meningkatkan traksi saat permukaan jalan terbilang licin," katanya.

 Nissan

Teknologi ini dikembangkan dengan menggabungkan prinsip sistem pembagian torsi dari supercar Nissan GT-R, dengan sistem penggerak empat roda SUV seperti Nissan Patrol. Nantinya, penerapan teknologi penggerak Nissan e-4orce membuat keluaran tenaga kendaraan listrik lebih stabil dan pengeraman lebih mulus.

Dalam kegiatan uji kendara yang dilakukan selama CES 2020 tersebut, modifikasi purwarupa penggerak e-4orce dipasangkan kepada unit Nissan Leaf. Karena rencananya, pemasangan teknologi rangkaian penggerak anyar ini bakal terpasang di mobil listrik baru berjenis SUV, Nissan Ariya.

 Nissan

Belum ada keterangan resmi mengenai pengaruh performa nyata dari rangkaian penggerak Nissan e-4orce ini. Tetapi, diharapkan terdapat peningkatan cukup signifikan dari tenaga motor listrik model Nissan Leaf e+, yang menyentuh 214 hp, seperti dikutip dari laman Autocar.

Konsep model kendaraan Nissan Ariya kali pertama tampil dalam Tokyo Motor Show 2019 lalu, dengan panjang 4.600 mm, lebar 1.920 mm, serta tinggi mencapai 1.630 mm. Perkiraan terakhir menyebut mobil ini mulai memasuki tahapan produksi pada pengujung 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini