nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Michelin Hadirkan Konstruksi Ban Belakang Baru untuk MotoGP 2020

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 13:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 11 53 2151761 michelin-hadirkan-konstruksi-ban-belakang-baru-untuk-motogp-2020-c5bzsRQLr2.jpg Michelin siapkan konstruksi baru untuk motor balap di MotoGP (Foto: Okezone.com/Istimewa)

PARIS - Produsen ban Michelin secara resmi mengumumkan peluncuran konstruksi ban belakang baru, untuk ajang MotoGP musim 2020. Peluncuran ini dilakukan usai konstruksi ban belakang baru dari produsen asal Prancis tersebut melakukan pengujian sepanjang tahun 2019.

Teknisi di markas Michelin telah menyetujui peluncuran konstruksi baru ini setelah melihat hasil pengujian. Pembaruan konstruksi ban belakang untuk ajang MotoGp ini merupakan yang pertama dilakukan Michelin dalam dua tahun terakhir.

 Ban Michelin

Michelin dalam waktu dekat akan memberikan spesifikasi penuh maupun data mendalam terkait pengujian itu kepada seluruh tim balap MotoGp sebelum musim 2020. 

"Ini dimaksudkan agar manufaktur dan tim bisa menyiapkan motor berdasar data ban belakang tersebut,"kata Piero Taramassco, Manager Two-Wheel Michelin Motorsport.

Pembaruan konstruksi ban belakang Michelin Power Slick tersebut diharapkan mendukung performa mesin motor balap MotoGP di musim mendatang. Termasuk berdampak kepada kemampuan motor mencatatkan waktu lebih cepat, dalam setiap balapan yang berlangsung musim depan.

Pengujiuan terhadap konstruksi terbaru ban Michelin untuk MotoGP ini, sudah disesuaikan dengan kompon yang cocok untuk tiap sirkuit. Begitu juga dengan kecocokan terhadap pilihan kompon, baik soft maupun medium, dengan karakter pembalap di setiap perlombaan.

Pengalaman merasakan traksi ban baru pada motor musim depan, baru akan dirasakan para pembalap bulan depan. Konstruksi ban baru ini dilibatkan dalam uji coba resmi MotoGP di sirkuit Sepang Malaysia pada 2-4 Februari mendatang, sebelum berlanjut menuju Qatar.

 Ban Michelin

Michelin sendiri menyebut evolusi berupa pembaruan konstruksi ban ini perlu dilakukan, terlebih dengan pendekatan performa jangka panjang produsen dalam ajang balap MotoGP. Produsen asal Prancis itu memegang kontrak sebagai penyedia komponen ban resmi ajang balap roda dua sampai 2023 nanti. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini