nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajukan Paten, Harley Davidson Siap Bikin Skuter Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 23:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 53 2152102 ajukan-paten-harley-davidson-siap-bikin-skuter-listrik-3IKdoVwzRL.jpg Tampilan purwarupa skuter listrik buatan Harley Davidson (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Rencana pengembangan kendaraan elektrifikasi produsen Harley Davidson, sudah mulai bergulir dengan model motor gede (moge) bernama LiveWire. Pengembangan produksi tersebut, rupanya siap disusul kehadiran kendaraan roda dua lain berentuk skuter listrik.

Purwarupa dari skuter listrik tersebut sebelumnya pernah menampakkan diri, berbarengan dengan pengujian model moge LiveWire. Belakangan seperti dilansir dari laman LiveWire, Harley Davidson diketahui sudah mengajukan paten ke Lembaga Properti Intelektual Uni Eropa.

 Harley Davidson

Dokumen desain terkini dari skuter listrik HD tersebut, memuat sejumlah detail komponen yang digunakan. Seperti bentuk garpu suspensi depan, yang terlihat lebih berisi dibandingkan purwarupa sebelumnya. Diketahui juga posisi terbaru tempat pemasangan plat nomor motor ini.

Selain itu terdapat informasi mengenai letak rangkaian motor penggerak, yang berada dalam satu rumah dengan paket baterai skuter itu. Rangkaian penggerak dan paket baterai ini diperkirakan dikembangkan oleh lembaga riset kendaraan HD di Silicon Valey, Amerika Serikat.

Fitur lain yang bisa terlihat dari rancangan paten tersebut adalah fender, lampu depan halo, rancangan jok, serta sistem sabuk penggerak. Namun, belum diketahui apakah sabuk penggerak menggunakan model Gates, seperti yang sudah diterapkan pada tipe motor LiveWire.

Dalam rancangan paten tersebut, sebenarnya terdapat komponen penting yang hilang seperti kaca samping, sistem pengereman, maupun gas skuter tersebut. Tetapi seluruh komponen tersebut, terlihat sudah dipasangkan seperti pada purwarupa yang sempat diujikan sebelumnya.

 Harley Davidson

Paten yang diserahkan secara resmi pada Oktober lalu, baru terungkap setelah dipublikasikan pada pekan lalu. Harley Davidson menargetkan bisa meluncurkan produk yang belum diberi nama resmi ini, secepatnya pada 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini