nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Visor Ini Memungkinkan Pengemudi Terhindar Silau Sinar Matahari

Nizar, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 13:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 14 52 2152707 teknologi-visor-ini-memungkinkan-pengemudi-terhindar-silau-sinar-matahari-iz62AnRwgv.jpg Sun Visor teknologi Bosch (foto: Ist)

LAS VEGAS -Sinar matahari langsung selalu menjadi hambatan bahkan risiko besar bagi pengemudi di dalam mobil. Namun kemanjuan teknologi mulai membuat inovasi untuk mendukung kenyamanan pengemudi dari sinar matahari langsung.

Produsen Bosch menjadi perusahaan yang mengembangkan visor untuk pengemudi yang sering terkena sinar matahari langsung karena silau. Melansir dari situs Carscoops.com, teknologi ini memanfaatkan panel LCD yang dapat terbalik ketika matahari berada di posisi yang rendah sehingga pengemudi tetap nyaman serta tidak terganggu oleh paparan dari sinar matahari tersebut.

 Sun Visor

Cara kerja panel terbilang cukup canggih, dimana panel terhubung langsung dengan sistem monitoring pengemudi dan penumpang, melalui kamera. Nantinya sistem ini akan menganalisa dan mendeteksi posisi wajah. Kemudian, sistem menciptakan bayangan yang terfokus di area mata saja dengan menggelapkan beberapa segmen di LCD, sedangkan area lain tetap transparan, membuat pengemudi tetap memiliki visibilitas yang luas.

 Sun visor

Selain itu, teknologi pada sun visor ini memiliki kemampuan hanya untuk menggelapkan area-area pada pelindung LCD, dimana sinar matahari yang masuk otomatis akan meredup. Area pelindung yang gelap bisa terus berubah seiring gerakan kendaraan dan pengemudi.

Meskipun para produsen mobil belum mengumumkan apakah nantinya akan menyematkan fitur canggih tersebut pada mobil-mobilnya, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasa jika untuk kedepannya fitur ini akan disematkan pada mobil baru berikutnya.

 Sun Visor

Perlu diketahui, Virtual Visor merupakan proyek sampingan dari ketiga insinyur powertrain Bosch. Para insinyur tersebut mengembangkannya di waktu senggang dengan mengumpulkan bagian-bagian monitor komputer yang dibuang. Berkat keisengan menggarap proyek ini Virtual Visor mendapat penghargaan Best of Innovation di CES 2020 Innovation Awards untuk kategori In-Vehicle Entertainment & Safety.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini