Baru Punya Dokumen, Mobil Listrik Tesla Y Mulai Dikirim ke Konsumen

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 52 2153099 baru-punya-dokumen-mobil-listrik-tesla-y-mulai-dikirim-ke-konsumen-UGtykb7Eys.jpg Tesla Model Y diperkenalkan sejak Maret 2019 lalu (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Dokumen sertifikasi kendaraan (CARB) mobil listrik Tesla model Y bocor ke publik. Sebuah unggahan di media sosial menunjukkan, lembar uji sertifikasi kendaraan tersebut, terbit pada 9 Januari 2020, lalu.

Lembar sertifikasi kendaraan resmi tersebut mencantumkan pengujian varian kendaraan, Tesla Model Y Performance AWD. Dalam dokumen yang sama, juga tertulis informasi jarak jelajah optimal Model Y Performance AWD yakni sekitar 711 kilometer.

 Tesla Model Y

Bocornya dokumen resmi sertifikasi kendaraan tersebut, memunculkan kemungkinan pengriman unit model Y dimulai dalam waktu dekat. Bahkan, seperti dilansir dari laman Carbuzz, gelombang perdana pengiriman bisa saja terjadi bulan depan.

Alasan prediksi tersebut, didasarkan pada sejarah Tesla dalam pengiriman unit Model 3, beberapa waktu lalu. Dokumen CARB milik Model Seri 3 bocor, sebulan sebelum pengiriman kepada konsumen mulai dilakukan oleh Tesla.

Kendaraan jenis SUV dari Tesla ini, mulai diungkap ke publik sejak Maret 2019 lalu. Tadinya rencana pengiriman Model Y dijadwalkan bermula pada 2021, kemudian direvisi kembali menjadi paruh pertama 2020.

Gelombang perdana pengiriman kendaraan Tesla Model Y ini, disebut berasal dari fasilitas produksi di Fremont, California, Amerika Serikat. Sementara, Model Y juga akan diproduksi di pabrik lain milik Tesla di Shanghai, Tiongkok dan Berlin, Jerman.

 Tesla Model Y

Produk mobil listrik Tesla Model Y, dengan jarak jelajah terendah dimiliki oleh tipe Standard Range RWD Model Y. Dalam sekali pengisian baterai penuh, tipe terendah Standard Range dapat melaju sekitar 482 kilometer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini