nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peluncuran Crossover Mulai Masif, Bisa Gerus Pasar SUV?

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 16:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 15 52 2153280 peluncuran-crossover-mulai-masif-bisa-gerus-pasar-suv-Ms7HLL7Dz6.jpg Peluncuran kendaraan model Crossover berpeluang menarik konsumen potensial SUV (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Trend kendaraan crossover belakangan tengah menjadi perhatian bagi produsen otomotif nasional, langkah pembaharuan bahkan pengembangan dari model yang telah ada menjadi bukti model crossover tengah di gencarkan peluncurannya. Mitsubishi telah meluncurkan model Xpander Cross, kemudian siap disusul oleh kehadiran varian Suzuki XL7 dalam waktu dekat.

Menghadirkan mobil bertipe crossover, membuat produsen disebut berpeluang menjangkau konsumen di kelas SUV, menggunakan modal dasar mobil berjenis MPV. Hal tersebut disampaikan oleh pengamat otomotif, Bebin Djuana, saat dihubungi Okezone melalui telepon, Rabu (15/1/2019).

 Mitsubishi Xpander Cross

Sebaliknya produsen juga mengeluarkan model SUV dengan fitur serta tampang menarik, untuk menjangkau pasar MPV. "Bentuk pemasaran seperti itu terbilang cerdas, selain itu bisa juga menjadi pilihan konsumen lama untuk bertahan di satu merek," ujar Bebin.

Perluasan posisi produk crossover ini, membuat adanya potensi persaingan baru antar model andalan tiap produsen. Seperti varian Mitsubishi Xpander Cross dengan model Suzuki XL7, jika nanti sudah secara resmi meluncur di pasar Tanah Air.

Terlepas secara karakter memiliki racikan sebagai crossover, masing-masing tipe memiliki keunggulan dari segi bentuk maupun fitur. "Kalau saya melihat Xpander Cross punya ukuran lebih besar untuk bersaing dengan XL7 nanti kalau meluncur. Sementara Suzuki punya peluang mempertahankan konsumen yang berasal dari basis pengguna Ertiga misalnya," kata Bebin.

Pihak Mitsubishi sendiri sudah menyampaikan optimisme jika Xpander Cross harus beradu dengan model kendaraan berkarakter SUV lain. Sementara, Suzuki masih menutup rapat kemungkinan penempatan posisi pasar dari model XL7 nantinya.

 Suzuki XL6

Fenomena hadirnya model kendaraan crossover ini, juga memberi opsi baru bagi konsumen yang menginginkan kendaraan SUV sesungguhnya. Terutama, melihat pada rentang harga model crossover yang lebih terjangkau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini