nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menerka Peluang Ceruk Mobil Crossover di Bawah Model SUV

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 15 52 2153314 menerka-peluang-ceruk-mobil-crossover-di-bawah-model-suv-UZM8PsEOmp.jpg Model kendaraan Xpander Cross (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Model kendaraan crossover menjadi pilihan baru bagi konsumen di Indonesia. Terlepas dari keterikatan kuat pada varian MPV, mobil jenis SUV perlahan mengambil hati konsumen berkat kemampuan dan kesesuaiannya dengan kondisi jalan dan alam di Tanah Air.

Pengamat otomotif, Bebin Djuana, menyebut jenis kendaraan crossover biasanya ditawarkan dengan selisih harga tidak begitu jauh dengan MPV. Walaupun, memiliki karakter serta sejumlah fitur yang disebut mampu bersaing dengan model SUV sungguhan pada umumnya.

Suzuki XL7

Banderol memang menjadi salah satu faktor, yang bisa membedakan model crossover dibandingkan SUV. "Secara konstruksi fitur serta komponen masih mirip dengan MPV, sehingga belum boleh untuk disebut sebagai SUV," ujar Bebin kepada Okezone saat dihubungi melalui telepon pada Rabu (15/1/2020).

Keinginan konsumen untuk memiliki kendaraan jenis SUV, bisa muncul melihat kondisi bencana seperti banjir yang melanda kawasan Jakarta pada awal 2020 ini. Tinggi kendaraan yang memadai dengan permukaan tanah (Ground Clearance), serta kemampuan menerobos genangan dianggap sesuai bagi konsumen yang tinggal di wilayah terdampak banjir.

Hal tersebut dianggap bisa terpenuhi dalam model kendaraan crossover, karena biasanya memiliki pengaturan ground clearance layaknya SUV. "Dengan banderol yang lebih terjangkau, konsumen memiliki pilihan melakukan upgrade kendaraan dari MPV misalnya," kata Bebin.

Jenis kendaraan crossover sendiri, memberi peluang kepada produsen untuk menjangkau pasar konsumen lebih banyak. Termasuk, pada kalangan konsumen potensial yang sebelumnya tertarik kepada SUV.

 Mitsubishi Xpander Cross

Hadirnya varian kendaraan ini, nyatanya muncul seiring peningkatan tren SUV secara nasional maupun global. Berdasarkan data Gaikindo selama 2019, pertumbuhan pangsa pasar SUV disebut berada di kisaran 17 persen dari pasar otomotif nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini