nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diapit Antara Model SUV & MPV, Mampukah Mobil Crossover Naik Pamor

Mufrod, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 13:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 16 52 2153712 diapit-antara-model-suv-mpv-mampukah-mobil-crossover-naik-pamor-rySCQAlnwx.jpg Mitsubishi Xpander Cross (foto: Okezone)

JAKARTA - Mulai banyaknya produsen mobil yang menawarkan model crossover belakangan ini, menjadi salah satu sinyal kendaraan jenis ini tengah menjadi trend yang akan muncul di pasar otomotif tanah air.

Meski belum sepenuhnya bisa menjadi model dengan penjualan terbesar seperti mobil MPV di pasar otomotif nasional, kehadiran mobil crossover sendiri bisa menjadi pilihan bagi pemilik mobil jenis MPV yang akan mengupgrade model mobilnya.

 Mobil Xpander Cross

"Mobil crossover itu posisinya diapit antara mobil MPV dan SUV. Konsumen mobil MPV yang ingin upgrade model mobilnya bisa memilih kendaraan model crossover dibanding SUV," ungkap Bebin Djuana, pengamat otomotif Indonesia.

 Mitsubishi Xpander cross

Terkait harga, crossover memang memiliki banderol lebih mahal dibanding mobil MPV, namun jika dibandingkan dengan model SUV, mobil crossover jauh lebih murah sehingga bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki mobil SUV namun terbentur masalah harga yang mahal.

Banderol memang menjadi salah satu faktor, yang bisa membedakan model crossover dibandingkan SUV. "Secara konstruksi fitur serta komponen masih mirip dengan MPV, sehingga belum boleh untuk disebut sebagai SUV," ujar Bebin kepada Okezone saat dihubungi melalui telepon

Suzuki Ertiga XL6

Hadirnya varian kendaraan ini, nyatanya muncul seiring peningkatan tren SUV secara nasional maupun global. Berdasarkan data Gaikindo selama 2019, pertumbuhan pangsa pasar SUV disebut berada di kisaran 17 persen dari pasar otomotif nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini