nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Gelontorkan Rp9,8 Triliun Hanya untuk Kembangkan Mobil Terbang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 20:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 52 2154497 toyota-gelontorkan-rp9-8-triliun-hanya-untuk-kembangkan-mobil-terbang-6mFDcfp6oD.jpg Toyota investasikan dana besar mobil terbang (foto: Ist)

TOKYO - Produsen mobil asal Jepang, Toyota menjadi pemimpin investor pada perusahaan aerospace yang berbasis di California, Joby Aviation. Toyota menginvestasikan biaya sebesar USD349 juta untuk pendanaan terkait mobil atau taksi terbang.

Dilansir Zdnet, Toyota bergabung dengan investor sebelumnya seperti Intel Capital, Sparx Group, Capricorn Investment Group, JetBlue Technology Ventures, dan AME Cloud Ventures. Baillie Gifford dan Global Oryx juga tergabung sebagai investor baru.

 mobil terbang

Dengan putaran pendanaan terbaru ini dan putaran pendanaan sebelumnya, Toyota kini telah menginvestasikan total USD720 juta dalam Joby Aviation.

"Transportasi udara telah menjadi tujuan jangka panjang bagi Toyota, dan sementara kami melanjutkan pekerjaan kami di bisnis mobil. Perjanjian ini mengarahkan pandangan kami ke langit," kata Akio Toyoda, President and CEO Toyota.

Dengan kerjasama bersama Joby, ia berharap bisa memberikan kebebasan dan kesenangan kepada pelanggan baik di darat dan kini di udara.

Sebagai bagian dari investasi terbaru ini, wakil presiden eksekutif Toyota Shigeki Tomoyama akan bergabung dengan dewan direksi Joby Aviation. Sementara Joby Aviation akan mendapatkan akses ke kendali biaya dan keahlian teknik serta manufaktur Toyota saat mengembangkan dan memproduksi pesawatnya.

Joby Aviation telah mengungkap kendaraan terbang listrik dengan lima kursi penumpang. Kendaraan tersebut bisa mencapai kecepatan 200 mil per jam. Kendaraan juga bisa mengudara lebih dari 150 mil untuk satu kali pengisian.

 Mobil terbang

Kendaraan terbang ini memiliki kemampuan take-off dan landing secara vertikal serta bisa beroperasi 100 kali lebih tenang ketimbang pesawat konvensional saat lepas landas dan mendarat.

Joby Aviation telah berupaya mengembangkan kendaraannya selama 10 tahun terakhir. Perusahaan bergerak dengan keyakinan "berperan penting dalam peluncuran komersial pasar taksi udara perkotaan yang sedang tumbuh".

Desain mengikuti jejak Uber dan taksi terbang Hyundai yang baru-baru ini terungkap di CES 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini