nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Data Adu Irit Honda Genio dan BeAT Terbaru

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 11:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 53 2154132 data-adu-irit-honda-genio-dan-beat-terbaru-JFBw9VsfXE.jpg Honda all new BeAt (foto: Memed/Okezone)

JAKARTA - Pembaruan Honda all new BeAT juga menyentuh pada sektor mesin. Generasi teranyar dari motor matik andalan Honda itu, kini menggunakan mesin berteknologi eSP berkapasitas 110 cc.

Teknologi eSP sendiri bukan yang terbaru diterapkan pada jajaran motor Honda, dimana sebelumnya sudah terdapat di model skutik lain yakni Honda Genio. AHM sendiri menyebut terdapat sejumlah perbedaan pada karakter dan performa mesin eSP pada varian BeAT terbaru, dibandingkan dengan rangkaian serupa pada model Genio.

Honda Genio

Perbedaan tersebut disampaikan oleh Large Project Leader Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center, Makoto Dohi. "Secara layout engine ini memiliki kesamaan dengan Genio, tetapi terdapat settingan khusus untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan kemampuan mesin," ujarnya.

Honda Genio

Lebih lanjut Makoto menyebut untuk mesin pada model BeAT ini menggunakan settingan berbeda di sektor air cleaner, muffler, dan fuel injection. Hasilnya terlihat dari konsumsi bahan bakar Honda BeAT 2020 yang disebut menyentuh 60,6 kilometer per liter, dibandingkan tingkat pemakaian BBM Genio yakni 59,1 kilometer per liter.

Berdasar data, memang tidak ada perbedaan secara signifikan terkait kekuatan mesin Honda BeAT dengan Honda Genio. Kekuatan mesinnya sama-sama berkekuatan hingga 9 hp dengan torsi maksimum sebesar 9,3 Nm, serta disebut mampu dipacu sampai 94 kpj. Sejumlah peningkatan juga dilakukan pada model mesin Honda BeAT terbaru ini.

Teknologi eSP

Seperti perubahan layout mesin yang dilakukan terdapat juga pengurangan bobot mesin hingga 2 kilogram. Sehingga, rasio kekuatan mesin dengan bobot kendaraan meningkat, yang berpengaruh pada performa keseluruhan dari skutik model all new Honda BeAT ini.

Honda BeAT

Teknologi mesin eSP untuk skuter matik Honda sendiri sudah diperkenalkan pada 2014 lalu. Sejumlah peningkatan melalui pembaruan komponen tersebut memiliki performa lebih baik dibandingkan sebelumnya. (ABD)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini