nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fitur Hill Assist Dikembangkan Agar Pengemudi Tidak Kagok di Tanjakan

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 12:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 52 2154698 fitur-hill-assist-dikembangkan-agar-pengemudi-tidak-kagok-di-tanjakan-KCivZNhwVU.jpg Tanjakan hill assist (foto: Okezone)

JAKARTA - Secara fungsi teknologi hill assist dikembangkan dan disematkan pada mobil untuk membuat pengemudi nyaman saat mobil berada di kondisi jalan menanjak.

Perpindahan waktu saat mobil berhenti di jalan menanjak, membutuhkan waktu beberapa detik bagi pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Pada kondisi tersebut, fitur hill assist bekerja untuk mengunci roda agar tidak mundur ke belakang.

 tanjakan

"Fitur hill assist memang dirancang agar pengemudi tidak kagok saat akan berjalan di tanjakan setelah posisi diam. Sehingga saat akan akselerasi jauh lebih nyaman dengan fitur tersebut," ealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi saat dihubungi Okezone Sabtu (18/1/2020).

Fitur hill assist sendiri menjadi teknologi keamanan pada mobil, dimana mobil tidak akan mengalami kecelakaan di jalan menanjak akibat mobil mundur saat pengemudi melakukan perpindahan kaki dari rem ke pedal gas.

 Tanjakan hill assist

Teknologi pada fitur hill start assist sendiri bekerja menggunakan sensor dimana saat mobil berhenti di tanjakan, sensor ini akan membaca gerak roda yang berhenti dan akan menahan roda menggunakan rem dalam beberapa detik. Sehingga saat pengemudi memindahkan kakinya dari rem ke pedal gas mobil masih dalam keadaan terkunci oleh rem.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini