Rayakan Produksi 20 Juta Unit, Pabrik Honda di Amerika Serikat Bikin Accord Edisi Khusus

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 23:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 52 2154910 rayakan-produksi-20-juta-unit-pabrik-honda-di-amerika-serikat-bikin-accord-edisi-khusus-iJF8l30U6D.jpg Honda Accord Hybrid menjadi mobil produksi pabrik Honda di Ohio (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

OHIO - Momen istimewa dirayakan fasilitas pabrik Honda di Marysville, Ohio, Amerika Serikat pada pekan lalu. Fasilitas produksi mobil tersebut merakit unit kendaraan roda empat merek Honda ke-20 juta, sejak kali pertama beroperasi pada 1987 silam atau selama 37 tahun berdiri.

Fasilitas produksi di Marysville sendiri merupakan yang terbesar dimiliki Honda di Amerika Serikat. Saat ini dalam pabrik tersebut, dirakit model kendaraan seperti Honda CR-V, Honda Accord, Honda NSX, sampai Acura ILX, dan Acura TLX.

 Honda Sedan

Pabrik kendaraan tersebut memilih model khusus untuk merayakan pencapaian produksi 20 juta unit, berupa unit Honda Accord Hybrid berwarna Platinum White Pearl. Alasannya, model sedan tersebut adalah varian kendaraan pertama yang dirakit pabrik ini saat didirikan.

Tipe sedan Honda Accord Hybrid sendiri mengusung rangkaian mesin empat silinder i-VTEC berkapasitas 2.0 L dengan motor listrik ganda. Kekuatan dapur pacu dengan bekal rangkaian mesin berteknologi hybrid itu mencapai 252 hp, dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 10 percepatan.

Honda menyebut peran besar fasilitas produksi Marysville pada perkembangan mereknya di Amerika Serikat. "Keberadaannya signifikan untuk menghadirkan model kendaraan penumpang dan truk ringan berkualitas tinggi untuk konsumen Amerika Serikat," ujar Presiden Honda America, Mitsugu Matsukawa.

Produsen asal Jepang tersebut hingga saat ini menanam investasi sebesar USD13 miliar, untuk fasilitas produksi di Ohio. Jumlah kendaraan yang dibuat dari pabrik ini mencapai sekitar 75 persen, dari 20 juta unit mobil produksi Honda. Selain itu terdapat juga pabrik di kawasan Alabama dan Indiana.

 Honda Accrod Hybrid

Secara total, kendaraan yang dirakit oleh fasilitas produksi Marysville ini menyentuh angka 13.886.774 unit mobil sejak memulai operasinya. Sementara pabrik Honda Amerika Serikat lain seperti East Liberty Auto berkontribusi sebesar 6.110.582 unit, sementara unit sisanya dirakit pabrik Performance Manufacturing Center sebanyak 2.674 buah kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini