nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memahami Posisi Tuas Transmisi Matik saat Berhenti di Lampu Merah

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 12:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 87 2154704 memahami-posisi-tuas-transmisi-matik-saat-berhenti-di-lampu-merah-Bqfccqvq7s.jpg tuas transmisi matik (foto: Ist)

JAKARTA - Banyaknya konsumen di perkotaan yang memilih transmisi mobil matik, tak lepas dari kenyamanan dan kemudahan pengoperasian mobil yang mengurangi tugas kaki dalam mengoperasikan pedal pada mobil.

Banyaknya konsumen yang memilih transmisi matik pada mobilnya, justru sedikit menimbulkan polemik, terhadap keputusan dalam memilih posisi tuas transmisi saat mobil berhenti di lampu merah. Karenanya tak jarang pengemudi tetap memposisikan tuas transmisi matik di Drive dengan cara menahan kerja mesin dengan menginjak pedal rem.

 Transmisi matik

Perlu diketahui bahwa kerja gearbox berhubungan langsung dengan mesin. Pada saat kondisi mobil diam namun posisi transmisi "P" maka kinerja mesin akan membebani gearbox. Untuk itu penggunaan posisi parkir harus dalam kondisi mesin mati.

"Biasakan mengubah tuas transmisi pada posisi 'N' saat berada di lampu merah dan saat mobil berhenti lama, karena pada posisi netral mesin tidak terhubung dengan gearbox," ungkap Mahdin mekanik Ramanda Motor.

 Transmisi matik

Ia menyarankan pemindaahan posisi dari "D" ke "N" saat mobil berhenti karena lampu merah atau terjebak di kemacetan lalu lintas yang lama dilakukan sesegera mungkin begitu mobil berhenti untuk meminimalisasi potensi kerusakan atau aus pada komponen rem.

Selain itu lakukan penggantian oli transmisi secara rutin setiap 20 ribu kilometer.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini