Share

Teknologi Jok Canggih Buatan Jaguar-Land Rover, Mampu Kurangi Rasa Penat Berkendara

Nizar, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 22:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 19 52 2155189 teknologi-jok-canggih-buatan-jaguar-land-rover-mampu-kurangi-rasa-penat-berkendara-z4fqfZYn1B.jpg Logo produsen Jaguar Land Rover (Foto: Okezone/Istimewa)

LONDON - Produsen Jaguar Land Rover, mengembangkan rancangan teknologi kursi inovatif yang mampu mengatasi risiko kesehatan akibat dari duduk yang terlalu lama. Pengembangan kursi yang diberi nama Morphable, tersebut kini sedang diuji coba oleh Body Interiors Research division dari Jaguar Land Rover.

Dalam pembuatannya, Jaguar Land Rover menggunakan sejumlah aktuator dalam busa kursi untuk membuat penyesuaian mikro konstan untuk menipu syaraf otak, menghadirkan sensasi seolah sedang berjalan. Kursi seperti ini, disebut dapat dirancang secara individual untuk setiap pengemudi maupun penumpang.

 Jaguar Land Rover

Alasan Jaguar Land Rover membuat  kursi inovatif ini, karena mempertimbangkan seperempat populasi di dunia, atau 1,4 miliar orang, menghabiskan lebih banyak waktu di kursi daripada berjalan. Hal itu tentunya dapat berakibat memperpendek otot-otot di kaki, pinggul, dan gluteal.

Oleh karena itu, Jaguar Land Rover menyatakan bahwa teknologi tersebut dinilai dapat membantu mengurangi risiko kesehatan karena terlalu lama duduk dalam perjalanan yang panjang. Khususnya bagi pengemudi Inggris yang diperkirakan menempuh jarak 234 km setiap pekan.

"Kenyamanan dan kesehatan pelanggan dan karyawan kami adalah jantung dari semua proyek penelitian teknologi ini," kata kepala departemen medis Jaguar Land Rover, dr.Steve Iley yang dilansir dari situs Carscoops.com.

"Kami menggunakan keahlian teknik kami untuk mengembangkan kursi masa depan menggunakan teknologi inovatif yang tidak terlihat sebelumnya di industri otomotif untuk membantu mengatasi masalah yang mempengaruhi orang di seluruh dunia," ujar Steve menambahkan.

Jaguar Land Rover

Terlepas dari belum terwujudnya teknologi tersebut, penelitian dan pengembangan ini merupakan bagian dari komitmen Jaguar Land Rover. Utamanya dalam meningkatkan kenyamanan dan kesehatan konsumen melalui inovasi teknologi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini