nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Kecelakaan Subang, Lakukan Langkah Ini saat Terjadi Rem Blong

Mufrod, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 11:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 52 2155357 belajar-dari-kecelakaan-subang-lakukan-langkah-ini-saat-terjadi-rem-blong-SjoRTkGCmR.jpg Rem blong begini langkah antisipasinya (foto: Ist)

JAKARTA - Kecelakaan yang merenggut delapan nyawa penumpang bus PO Purnamasari yang terjadi di kawasan Ciater, Subang bisa menjadi pelajaran berharga. Pasalnya bus mengalami rem blong saat melewati jalan menurun.

Pengecekan kondisi mobil harus wajib dilakukan oleh sopir maupun pengemudi bus. Selain itu, dalam kondisi darurat, saat terjadi rem blong pengemudi harus bisa tenang dan tidak panik agar mampu mengarahkan dan mengendalikan mobil secara aman.

 Bus Rem Blong

Langkah lain yang harus dilakukan pengemudi mobil yakni menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Lalu lakukan cara menghentikan mobil dengan langkah terus mengocok pedal rem agar tekanan oli pada rem bisa bekerja normal.

 Bus Rem blong

Namun jika cara tersebut tidak cukup membantu, Didi Ahadi, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, mengungkap pengemudi bisa mengandalkan pengereman dengan engine brake dan menarik tuas rem tangan.

"Tarik tuas rem tangan perlahan dan jangan langsung ditarik keras karena bisa mengakibatkan kendaraan melintir," jelasnya.

 rem blong

Kondisi muatan pada mobil juga harus diperhitungkan karena beban bisa menambah gaya dorong kendaraan, sehingga membutuhkan jarak ideal pengereman yang cukup panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini