nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Merawat Rem Agar Tidak Blong saat Digunakan

Mufrod, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 12:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 52 2155405 cara-mudah-merawat-rem-agar-tidak-blong-saat-digunakan-sTHP8AgXCB.jpg pengecekan rem mobil agar tidak blong (foto: ist)

JAKARTA - Rem blong selalu menjadi petaka terjadinya kecelakaan, bahkan kebanyakan akibat rem blong selalu merenggut nyawa. Karenanya penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan rem.

Cara mudah untuk melakukan perawatan rem yakni dengan cara memeriksa kanvas rem yang menjadi penghenti laju melalu perangkat cakram yang terpasang di roda. Namun untuk kondisi terjadinya rem blong, masalah utama terjadi dari oli rem.

 Rem blong

Saat rem tidak mengunci roda bisa di akibatkan karena masalah oli rem yang tidak bekerja maksimal. Karena penting melakukan pengecekan pada oli rem, dengan cara melihat warna pada oli rem, jika sudah berubah warna pemilik kendaraan wajib menggantinya.

 Rem blong

Oli rem sendiri menjadi unsur penting pada perangkat rem, selain untuk melumasi antara cakram dan master rem agar tidak panas, oli rem juga berfungsi untuk menekan hidrolik yang terdapat pada silinder master pada perangkat rem.

Sehingga teknologi hidrolik ini akan menghentikan rem pada mobil, namun jika kondisi minyak rem tidak maksimal maka sistem kerjanya akan menurun dari berindikasi terjadinya rem blong pada mobil.

 rem blong

Terlebih jika kondisi oli rem sudah tidak maksimal dan dipaksakan untuk menekan hidrolik, beban pada kendaraan yang cukup berat akan mengurangi kerja oli untuk menekan hidrolik untuk menekan tromol ataupun menjepit cakram.

Karenanya sangat penting sebelum melakukan perjalanan agar pengemudi melakukan pengecekan rem mobil agar kendala rem blong tidak terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini