nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Dapat Lampu Hijau Rakit Kendaraan Elektrifikasi di Thailand

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 20:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 52 2156286 toyota-dapat-lampu-hijau-rakit-kendaraan-elektrifikasi-di-thailand-whX6jqUnme.jpg Model kendaraan listrik Toyota akan diproduksi di Thailand (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BANGKOK - Toyota Motor telah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Thailand, untuk mewujudkan rencana produksi kendaraan elektrifikasi di negara tersebut. Langkah ini menjadi bagian dari usaha global produsen asal Jepang tersebut meluaskan penjualan kendaraan elektrifikasinya.

Kegiatan produksi tersebut akan berjalan dalam fasilitas produksi Gateway, yang berada di Chachoengsao. Belum ada informasi mengenai kepastian model kendaraan yang bakal diproduksi Toyota, dalam fasilitas produksi tersebut.

 Pabrik Toyota

Hal yang sudah dapat dipastikan adalah keharusan memulai produksi kendaraan tersebut dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Syarat ini disampaikan oleh Dewan Investasi Thailand (BoI), apabila Toyota berkeinginan mendapatkan keistimewaan termasuk penghapusan pajak pemasukan industri.

Penawaran keistimewaan alias insentif pajak dari otoritas Thailand tersebut, sudah ditawarkan sejak 2017 lalu. Kebijakan tersebut diluncurkan untuk menarik minat produsen merakit mobil ramah lingkungan.

Produsen asal Jepang tersebut mengonfirmasi restu yang didapatkan oleh Pemerintah setempat. "Kami akan mempelajari langkah yang diambil selanjutnya untuk memenuhi syarat tersebut," ujar juru bicara Toyota Daihatsu Thailand seperti dilansir dari Bangkok Post.

Rencana pengembangan produksi dan perluasan pasar kendaraan elektrifikasi dari Toyota sendiri disampaikan pada 2017 lalu. Produsen yang bermarkas di Aichi, Jepang tersebut menargetkan penjualan 1 juta kendaraan elektrifikasi maupun menggunakan sel bahan bakar (FCV) pada 2030 mendatang.

 Pabrik Toyota

Langkah penanaman modal untuk produksi kendaraan elektrifikasi, sebenarnya juga dilakukan Toyota di Indonesia. Berdasarkan informasi angka investasi dari Toyota mencapai Rp28,1 triliun, mencakup juga pengembangan produksi kendaraan elektrifikasi di masa mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini