nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hennessey Rancang Sasis Super Ringan untuk Hypercar Venom F5

Nizar, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 08:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 52 2156399 hennessey-rancang-sasis-super-ringan-untuk-venom-f5-siap-kalahkan-chiron-GP4Q0oqx47.jpg Teknologi sasis ringan hypercar Hennessey Venom F5 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

HOUSTON - Sebuah hypercar buatan produsen Amerika Serikat, Hennessey Venom F5, dilaporkan akan menggunakan sasis baru pada model tersebut. Perusahaan tersebut mengungkapkan Hennesey Venom F5 kini menggunakan sasis berbahan serat karbon sehingga sangat ringan dan kuat.

Produsen tersebut mengklaim torsional rigidity 52.000 Nm per derajat, hal ini menunjukkan bahwa sasis ini lebih unggul ketimbang sasis Bugatti Chiron yang hanya 50.000 Nm per derajat. Sementara itu, Hennessey mengatakan untuk berat total pada sasis tersebut hanya seberat 86 kg.

 Hennessey Venom F5

“Sasis serat karbon kami yang baru adalah keajaiban teknik dan melihatnya secara langsung seperti melihat karya seni. Ini seperti sepotong perhiasan otomotif yang dibangun untuk melesat dengan kecepatan 500 kpj,” ucap pendiri dan CEO perusahaan, John Hennessey.

Dengan menggunakan sasis yang ringan dan kuat, nantinya mobil ini akan dipasangkan mesin V8 twin-turbo berkapasitas 6.6L. Mesin V8 twin-turbo tersebut dipadukan dengan wastegate high-flow, katup blow-off, injektor bahan bakar (2 per silinder).

Sementara terdapat juga stainless header, downpipe turbo baja, catalytic converter, serta sistem pembuangan titanium. Oleh karena itu, perusahaan ini mengklaim bahwa hypercar ini mampu mengeluarkan tenaga 1.817 hp dan torsi 1.617 Nm.

Hennessey Venom F5 sebenarnya telah dikembangkan sejak lama. Namun, Hennessey belum merilis data performa mesin mobil tersebut. Produsen yang bermarkas di Texas itu telah menyampaikan target untuk melampaui angka 500 Kpj, sehingga mengalahkan pemegang rekor saat ini yaitu Bugatti Chiron.

 Hennessey Venom F5

Keinginan untuk memecahkan rekor 500 Kpj, seakan sudah menjadi sejumlah produsen supercar. Sebelumnya, muncul wacana dari Koenigsegg membuat model baru untuk menembus rekor tersebut. Konsep kendaraan bertajuk Mission 500 Concept itu siap tampil di Geneva Motor Show 2020 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini