Mengenal Mobil Otonom General Motors Tak Miliki Pedal Gas dan Stir Kemudi

Nizar, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 22 52 2156658 mengenal-mobil-otonom-general-motors-tak-miliki-pedal-gas-dan-stir-kemudi-fvOAxi3wLr.jpg Mobil otonom racikan General Motors (foto: Ist)

 

SAN FRANSISCO - Anak perusahaan dari General Motors, Cruise Automation ciptakan mobil dengan sistem full otonom yang diberi nama Cruise Origin. Dalam membangun mobil tersebut, Cruise Automation dibantu dengan pabrikan Honda.

Dari pihak perusahaan sendiri tidak menyebutkan secara detail spesifikasi pada mobil otonom Cruise Origin. Akan tetapi perusahaan bertujuan untuk mengurangi kemacetan, polusi, dan layanan transportasi dengan biaya yang terjangkau.

 Mobil otonom

Karena gunakan sistem kendaraan otonom, Cruise Origin tidak mempunyai tuas seperti setir, dan pedal. Semua komponen ini ditiadakan guna memperluas ruang di dalam mobil. Dengan dua baris kursi yang saling berhadapan, desainer dari mobil tersebut ingin memberi kesan kendaraan seperti lounge dan mempunyai banyak ruang kaki untuk setiap penumpangnya.

 Mobil Otonom General Motors

Sementara itu produsen mobil ini sendiri tidak menyebutkan secara spesifik terkait mobil otonomnya tersebut, Cruise Automation mengkonfirmasi bahwasannya kendaraan tersebut menggunakan platform dari kendaraan listrik General Motors.

Dikarenakan keselamatan adalah salah satu aspek terpenting pada sebuah kendaraan otonom, Cruise Origin menggunakan rangkaian sensor berlapis yang dirancang untuk melacak banyak orang dan objek. Selain itu, sistem penginderaan ini juga dapat digunakan dalam kondisi gelap gulita dan cuaca buruk seperti hujan ataupun kabut.

 General Motors

Perusahaan Cruise juga mengatakan bahwasannya ketika Origin online di San Francisco, pengguna bisa dapat menghemat USD 5.000 atau setara dengan Rp68 juta setahun dibandingkan dengan memiliki mobil pribadi ataupun menggunakan layanan taksi sekalipun. Selain itu Cruise Origin ini mempunyai daya pakai hingga lebih dari 1,6 juta km.

Cruise belum mengatakan kapan kendaraan besutannya tersebut akan digunakan untuk umum ataupun mengenai tarif perjalanan yang harus dikeluarkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini