nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Target Jual 1,5 Juta Mobil Listrik, Volkswagen Malah Belanja Saham Perusahaan China

Nizar, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 21:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 22 52 2156845 target-jual-1-5-juta-mobil-listrik-volkswagen-malah-belanja-saham-perusahaan-china-pwCWaFyuME.jpg Volkswagen beli saham perusahaan baterai china (foto: Ist)

TIONGKOK - Demi melancarkan kebutuhan peningkatan pasar pada kendaraan listrik di tahun 2025, industri otomotif asal Jerman, Volkswagen, menyatakan bahwasannya siap membeli 20% saham dari pabrikan baterai mobil listrik Guoxuan di Cina.

Untuk saat ini saham dari pabrikan baterai Guoxuan memiliki kapitalisasi pasar senilai USD 2,8 miliar atau senilai Rp32 triliun, sehingga 20% saham milik Volkswagen bernilai USD 560 juta ata setara dengan Rp7,6 triliiun jika dirupiahkan.

 Baterai listrik

Atas pengakuisisian dan kesepakatan tersebut menandai kepemilikan langsung pertama Volkswagen pada pembuat baterai Cina. Hal ini dianggap sebagai langkah untuk menopang tujuan ambisius perusahaan menjual 1,5 juta kendaraan energi baru di Cina setiap tahun pada tahun 2025 mendatang.

Rincian kesepakatan sebagian besar telah diselesaikan dan perusahaan Volkswagen hanya tinggal menunggu regulasi baru negeri Tirai Bambu mengenai penempatan saham pribadi yang akan menawarkan mekanisme penetapan harga lebih fleksibel dan periode penguncian lebih pendek untuk pemegang saham mayoritas.

Terkait akan pembicaraan kesepakatan tersebut, direktur pelaksana AutoForesight yang berbasis di Shanghai, Yale Zhang, mengatakan “Dengan memegang saham produsen baterai terkemuka di Cina, produsen mobil dapat memperoleh lebih banyak daya tawar pada harga baterai. Pembuat mobil asing kini mengejar ketinggalan dengan rekan-rekan China mereka dalam mengamankan pasokan baterai di Tiongkok.”

 baterai mobil listrik

Perlu diketahui bahwasannya pabrikan baterai Guoxuan bertempat di Kota Hefei, bagian timur, Cina. Yang mana tempat tersebut merupakan juga tempat Volkswagen untuk saat ini membangun kendaraan dengan mitra usaha lokal JAC Motor. Ini mendakan jika kesepakatan terjadi, maka akan memudahkan perusahaan ini dalam memasok pasokan baterai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini