nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Honda Sudah Dipersiapkan Gendong Spesifikasi Balap

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 22:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 22 52 2156896 mobil-listrik-honda-sudah-dipersiapkan-gendong-spesifikasi-balap-wdqm7oqjLE.jpg Mobil listrik Honda E berspesifikasi balap bisa terwujud (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Desain mobil listrik Honda-e jauh dari kesan gagah maupun berpotensi dikembangkan sebagai mobil balap. Namun, mengacu pada rangkaian penggerak serta teknologi motor listrik yang digendongnya, pengembangan performa berlabel Type R bisa saja terwujud.

Penjelasan secara detail disampaikan Assistant Large Project Leader Head of Dynamic Performance Honda e, Takahiro Shinya. "Platform ini memiliki rangkaian motor listrik dan spesifikasi ban yang dirancang mengantisipasi keluaran tenaga lebih besar dari aslinya," katanya seperti dilansir dari laman Top Gear.

 Honda e

Takahiro menyebut melakukan pengembangan varian Type R adalah keinginan setiap teknisi, terlepas apapun dasar model kendaraannya. Tetapi syarat utama dari terwujudnya gubahan mobil listrik versi balap tersebut adalah keinginan dari konsumen.

Kekuatan motor listrik Honda-e di Eropa ditawarkan dengan dua model berkekuatan berbeda, yakni 134 hp dan 152 hp. Namun, dua opsi tersebut mencatatkan angka torsi sama persis yakni 314 Nm. Menggunakan sistem penggerak roda belakang, mobil ini diklaim memiliki akselerasi dari 0 sampai menyentuh 100 Kpj dalam 8,3 detik.

Teknologi lain yang bisa dikembangkan Honda, jika serius membangun versi Type-R dari mobil ini, adalah kapasitas optimal paket baterainya. Pasalnya, spesifikasi saat ini hanya menawarkan paket baterai berkapasitas 35,5 kWh dengan jarak jelajah optimal mencapai 218 Km.

Daya paket baterai tersebut, diperkirakan tidak akan menunjang performa gubahan Type-R secara maksimal. Tentunyam jarak jelajah optimal di atas kertas akan jauh menyusut, jika kekuatan motor listrik maupun tuntutan performa meningkat dari angka standar.

 Honda e

Konsep kendaraan elektrifikasi perkotaan bertipe hatchback dari Honda tersebut, pertama kali meluncur secara penuh pada September 2019 lalu. Rencananya proses produksi serta dilanjutkan pengiriman kepada konsumen di pasar Eropa, berawal pada pertengahan 2020 ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini