nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubahan Mobil Formula 1 Bisa Merasakan Mobil Balap yang Sesungguhnya

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 09:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 23 52 2157001 gubahan-mobil-formula-1-seken-bikinan-tdf-bisa-ditebus-rp26-miliar-06Ko6fk10u.jpg Racikan restorasi mobil Formula 1 seken dari TDF bisa ditebus konsumen seharga Rp26,8 miliar (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Mimpi untuk bisa mengendarai mobil Formula 1 (F1) milik Anda sendiri bisa diwujudkan oleh perusahaan perakit kendaraan TDF. Firma asal Inggris itu melakukan restorasi dengan menanamkan mesin baru dengan sasis asli milik Tim Marussia buatan 2011 atau milik Tim Sauber keluaran musim 2012 lalu.

Kendaraan ini sengaja dirancang untuk memudahkan konsumen melaju di trek balap tanpa harus memiliki tim mekanik layaknya balap sungguhan. TDF melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan pemilik mobil seperti kendali berkendara sampai jok khusus. Paket khusus juga disediakan agar pemilik mobil bisa melaju di trek F1 sungguhan seperti Catalunya dan Paul Ricard, Perancis.

 TDF F1

Dari sisi spesifikasi, mobil ini dirangkai dengan mesin buatan TDF bertipe empat silinder kapasitas 1.8 L turbo. Kekuatan maksimalnya mencapai 600 hp dengan putaran mesin di angka 9.000 rpm. Seluruh tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi semi-otomatis enam percepatan.

Menggunakan sistem penggerak roda belakang, akselerasi dari mobil ini dapat melaju dari 0 menuju 100 Kpj selama kurang dari dua detik. Bekal mesin tersebut juga membuat kendaraan ini bisa melaju hingga 321 Kpj dalam kondisi optimal.

TDF juga memasang fitur Drag Reduction System (DRS), seperti digunakan pada mobil F1 sungguhan untuk memberi tambahan kecepatan dari pemanfaatan hambatan aerodinamis mobil.

Berdasarkan gubahan serta spesifikasi yang disuguhkan pada mobil ini, konsumen disebut bisa memiliki pengalaman setara mengendarai mobil F1 yang sesungguhnya. 

"Performa di lintasan balap dari mobil ini mencapai kemiripan 95 persen dengan mobil balap F1 sebenarnya. Ini benar-benar sebanding secara teknis," kata TDF seperti dilansir dari laman Autocar.

Produsen juga merancang fitur tombol pengaturan serta pengendalian lebih sederhana pada setir kendaraan. Begitu juga menyetel rasio gigi transmisi lebih panjang agar pengendara tidak perlu sering mengganti transmisi saat melaju di lintasan. Tersedia juga suku cadang serta tiga pilihan kompon ban keluaran Pirelli.

 TDF F1

Terbatasnya sasis sebagai dasar perakitan kendaraan ini berpengaruh juga pada jumlah pemesanan unit yang dibuat oleh TDF. Banderol untuk memperoleh kendaraan balap ini menyentuh 1,5 juta Poundsterling atau setara dengan Rp26,8 miliar. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini