nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Renault Konfirmasi Twingo ZE Segera Meluncur Tahun Ini

Nizar, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 19:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 23 52 2157375 renault-konfirmasi-twingo-ze-segera-meluncur-tahun-ini-73Cz1bVJXN.jpg (Foto: Autocar)

PARIS - City car marak dengan menggunakan listrik sebagai pasokan bahan bakarnya. Kini industri otomotif berlomba-lomba mengusung kendaraan tersebut.

Pabrikan mobil asal Prancis, Renault telah mengonfirmasi city car yang diberi nama Twingo ZE berbasis kendaraan listrik pada 2020.

Renault belum mengumumkan secara resmi rincian powertrain Twingo ZE. Akan tetapi, kabarnya mobil ini akan menggunakan platform yang sama dengan mobil listrik pendahulunya yaitu Renault Smart Forfour.

Sementara untuk spesifikasi, Renault belum memastikan motor listrik dan baterai yang akan disematkan pada Twingo ZE. Kemungkinan mobil listrik ini akan sama dengan mobil Smart Forfour yang menggunakan baterai berkapasitas 17,6 kWh yang mampu menempuh perjalanan sejauh 70 mil atau setara dengan 112 km.

Untuk pengisian baterai pada mobil ini, Renault mengklaim dari kapasitas 10% - 80% hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Selain itu, dengan perpaduan baterai dan motor listrik tenaga yang dihasilkan sebesar 81 hp dan torsi maksimum sebesar 159 nm. Dengan tenaga dan torsi tersebut, 0-100 kpj hanya ditempuh dalam kurun waktu 11,6 detik, serta kecepatan tertinggi adalah 81 mph atau sekitar 130 kpj.

Untuk penjualan pada Twingo ZE ini, Renault akan memasarkan mobil tersebut pada paruh kedua 2020. Dikabarkan city car asal Prancis ini akan melaksanakan debutnya dalam Geneva Motor Show 2020 pada Maret mendatang.

Sebelumnya, pabrikan mobil yang berbasis di Prancis ini telah menghapus Twingo yang menggunakan mesin konvensional dari penjualan di Inggris pada 2019. Twingo ZE yang berbasis kendaraan listrik ini akan menjadi salah satu yang akan diluncurkan oleh Renault dalam kurun waktu 1 tahun ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini