nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SUV Listrik Aiway U5 Tampil Perdana di Geneva Motor Show 2020

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 52 2157599 suv-listrik-aiway-u5-tampil-perdana-di-geneva-motor-show-2020-aAKKx8MD9n.jpg SUV Listrik Airway U5. Foto : Istimewa

Jenewa - Pasar otomotif Eropa akan melihat langsung versi produksi SUV Listrik Aiway U5 dalam gelaran Geneva Motor Show, pada Maret 2020. Produsen asal China tersebut juga menyampaikan proses peredaran SUV Listrik U5 akan berjalan sesuai rencana April mendatang.

Calon konsumen juga memiliki kesempatan menjajal model SUV listrik tersebut melalui uji kendara yang digelar selama pameran berlangsung. Aiway menyebut produksi varian U5 akan dibatasi, tidak lebih dari 2.000 unit, sepanjang tahun ini untuk menjaga kualitas rakitan mobil listrik itu.

Aiway U5 menjadi SUV listrik buatan China pertama yang mendapat lampu hjijau untuk dijual secara luas di pasar Eropa. Produksinya telah dilakukan sejak akhir 2019 lalu, dalam fasilitas produksi yang terletak di kawasan Shangro, Jiangxi.

"Tampil di Geneva jadi pencapaian penting kami dalam pengembangan pasar di kawasan Eropa," kata Executive VP Overseas Aiway, Alexander Klose, seperti dilansir dari laman Autocar.

Diperkirakan melalui penampilan di pameran tersebut, Aiway juga akan mengungkap spesifikasi kendaraan tersebut khusus untuk pasar Eropa. Saat ini, model U5 diketahui menggunakan motor listrik penggerak tunggal yang berkekuatan 125 kW serta memiliki torsi 315 Nm. Seluruh tenaga tersebut disalurkan menuju sistem penggerak roda depan.

Bekal paket baterai yang dimiliki model Aiway U5 sendiri memiliki kapasitas sebesar 65 kWh, ditunjang keberadaan sistem pendingin cairan. Daya tersebut diperkirakan mampu menghadirkan jarak jelajah optimal sejauh 503 Km, berdasarkan pengujian standar NEDC. Terdapat juga kemampuan pengisian daya ulang secara cepat yakni mencapai 80 persen dalam 27 menit.

Khusus untuk kawasan Eropa, Aiway menawarkan sistem kepemilikan secara sewa jangka panjang alih-alih menjualnya secara penuh. Melalui pemesanan secara online, Aiway U5 ditawarkan kepada konsumen dengan biaya sewa sekitar 400 Euro atau sekitar Rp6 juta per bulan.

Sejumlah opsi menjadi pertimbangan Aiway untuk menyediakan harga sewa lebih murah, termasuk dengan menyediakan paket baterai lebih kecil. Selain itu, Aiway belum menawarkan model posisi setir kanan, seperti permintaan dan kebutuhan konsumen di wilayah Inggris Raya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini