nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Agar Aman Saat Parkir Sepeda Motor

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 10:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 24 87 2157592 kiat-agar-aman-saat-parkir-sepeda-motor-vqj5RvLDZb.jpg Ilustrasi parkir motor. Foto : Pixabay

Pencurian motor semakin marak di mana-mana. Anda harus berhati-hati, jangan sampai motor kesayangan lenyap digondol maling. Humas Polres Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan dalam keterangan resminya, yang utama dan pertama menjaga agar kendaraan aman adalah tidak lupa menggunakan kunci ganda dan kunci rahasia.

Lengkapi motor dengan kunci ganda dan kunci rahasia. Bila hanya kunci ganda, pencuri akan dengan mudah membongkar kunci. Dalam praktiknya mereka hanya butuh waktu 2-3 menit untuk mengambil motor. Mereka pakai letter T yang terbuat dari baja. Dan itu sangat mudah untuk membongkar rumah kunci. Tapi kalau menggunakan kunci ganda dan rahasia, ini akan menyulitkan mereka.

Kemudian, bila Anda datang ke suatu tempat, parkirlah di tempat yang resmi. Jangan parkir sembarangan. Keluar biaya sedikit lebih mahal asalkan motor Anda aman.

Waspada terhadap mobil boks, pikup, dan truk yang berada di samping motor Anda. Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar lokasi parkir motor Anda. Pencuri motor dapat dengan cepat menggotong motor kemudian membawa kabur motor.

Hati-hati juga dengan barang bawaan semisal helm jaket jas hujan. Titipkan di tempat penitipan barang jika di lokasi tersebut tersedia tempat penitipan barang. Karena hal tersebut bisa menarik perhatian pencuri mendatangi motor.

Polres Bantul juga menyarankan agar Anda membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga. Untuk lebih aman, jika Anda parkir di tempat yang rutin atau sering, misalnya di kampus, kantor, rumah, minimarket, dan warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Tujuannya adalah agar tukang parkir jadi kenal dan otomatis kenal dengan motor yang kita pakai.

Periksalah kunci kontak dan simpan kuncinya sebelum meninggalkan tempat parkiran. Karena kebanyakan pencurian motor terjadi ketika kontak pada posisi off tetapi motor dalam kondisi tidak terkunci.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini