6 Penyebab Kecelakaan yang Sering Dilalaikan Pengemudi

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 24 87 2157715 6-penyebab-kecelakaan-yang-sering-dilalaikan-pengemudi-XSRUeZFKYW.png Ilustrasi mobil rusak akibat kecelakaan. Foto : Pixabay

Beberapa penyebab kecelakaan yang sering diabaiakan pengemudi sehingga berakibat fatal. Sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi Humas Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta :

1. Mengantuk saat mengemudi kendaraan. Mengantuk merupakan penyebab dominan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Bisa jadi mengantuk karena kelelahan terlalu lama berkendara saat melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, juga kelelahan karena faktor lain entah kerja atau aktivitas lain. Lebih baik istirahat bila memang tidak sanggup mengemudi.

2. Menerima panggilan telepon atau mengobrol lewat ponsel. Ini mengakibatkan konsentrasi dan perhatian Anda bisa terpecah. Berbahaya karena mengemudi butuh konsentrasi tinggi.

3. Mengemudi dengan kecepatan tinggi. Ini sering terjadi. Dimana-mana kecepatan tinggi selalu berisiko membuat kontrol kemudi bisa lemah apalagi bila terjadi hal-hal yang tidak diduga misalnya ada hewan di tengah jalan. Maka, ikuti petunjuk lalu lintas. Atur kecepatan sesuai batas yang diperbolehkan.

4. Melanggar marka jalan. Ini bisa membahayakan orang lain dan tentu diri sendiri apalagi kalau lalu lintas padat. Banyak hal yang tidak bisa diprediksi terjadi di jalanan. Hati-hati dan ikuti aturan.

5. Tidak perhatikan kendaraan lain.Kelaikan kendaraan merupakan hal yang penting dalam berkendara, karena kelaikan kendaraan sering menjadi masalah dalam berkendara misalnya konisi rem, ban dan kontrol setir. Sebelum berkendara usahakan memeriksa kelaikan kendaraan agar perjalanan aman dan nyaman. 

6. Mengemudi saat mabuk. Kondisi ini sangat dilarang. Juga bila Anda sedang minum obat yang membuat Anda bisa terlelap. Anda harus tetap sadar saat mengemudi di mana pun dan kapan pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini