nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perayaan Imlek Identik Hujan, Simak Tips Aman Berkendara

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 25 87 2158146 perayaan-imlek-identik-hujan-simak-tips-aman-berkendara-fAx7gdZQL5.jpg Pengendara sepeda motor libas banjir (foto: Okezone)

JAKARTA - Berkendara di tengah guyuran hujan penting bagi pengemudi dan pengendara memeriksa kelengkapan dan fungsi kendaraan, terlebih hujan yang identik sebagai harapan di perayaan imlek tahun ini bisa menjadi persiapan bagi pengendara mempersiapkan kendaraannya.

Beberapa langkah melakukan pengecekan kendaraan serta fungsional seluruh kendaraan bisa menjadi langkah meminimalisir terjadinya kecelakaan. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan pengendara sebelum melakukan perjalanan di musim hujan seperti dikutip dari TMC Polda Metro Jaya.

 Musim hujan

Lakukan pemeriksaan perangkat fungsional kendaraan seperti lampu kendaraan agar maksimal saat pemilik kendaraan membutuhkan pencahayaan untuk penerangan maupun sinyal keberadaan kendaraan di tengah hujan turun.

Tekanan angin dan alur kembangan pada ban juga hal penting yang harus diperhatikan saat kondisi hujan. Kondisi ban yang sudah tidak maksimal akan membuat traksi ban tidak maksimal.

Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan seperti kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.‬

 Pengemudi saat musim hujan

Jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya, hal ini bisa mengakibatkan kendaraan mogok atau terperosok kedalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.‬

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini