Share

Biodiesel Miliki Kandungan Logam Penyebab Filter dan Injektor Bermasalah

Medikantyo, Okezone · Minggu 26 Januari 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 52 2158468 biodiesel-miliki-kandungan-logam-penyebab-filter-dan-injektor-bermasalah-p4CwbgHhaJ.jpg Bahan bakar biodiesel (foto: Ist)

JAKARTA - Bahan bakar biodiesel atau kini dikenal dengan B30 atau bahan bakar dengan kandungan kelapa sawit 30 persen sering dikeluhkan terkait masa pakai filter oli yang lebih cepat serta adanya masalah injektor yang dapat mengganggu kinerja mesin.

Adanya kandungan logam dari penggunaan minyak sawit berupa Kalium, Kalsium, Natrium dan Magnesium menjadi permasalahan yang timbul terjadinya filter oli memiliki usia pakai lebih cepat serta terjadinya penyumbatan pada perangkat injektor yang bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar mesin.

 Biodiesel

Dengan kandungan logam tersebut, diperlukan pengaturan atau batas dari kandungan logam yang terdapat dalam minyak sawit, hal ini untuk membantu dan memaksimalkan kinerja mesin diesel saat menggunakan bahan bakar B30 yang saat ini terus dicanangkan pemerintah.

 Bahan bakar Biodiesel

Menghadapi masalah tersebut, produsen Hino sendiri terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap kandungan logam pada biodiesel. dua test yaitu emission test dan durability test baik itu untuk mesin yang saat ini digunakan Euro 2 dan juga mesin yang akan digunakan pada tahun 2021 Euro 4.

Follow Berita Okezone di Google News

Uji mesin Hino dilakukan di laboratorium dengan kondisi beban dan daya maksimum pada putaran mesin 2500 rpm, selama 400 jam atau setara dengan 40.000 km.

 Bahan bakar Biodiesel

Parameter mesin yang diuji antara lain; daya, torsi, konsumsi bbm dan dampak terhadap komponen. Berdasarkan hasil uji tersebut, Hino sudah melakukan penyesuaian spesifikasi kendaraan yang sesuai dengan karakteristik bahan bakar Biodiesel sehingga potensi terhadap dampak atau pengaruh yang timbul pada saat penggunaan Biodiesel termasuk B30 dapat diminimalisir agar kedepannya operasional bisnis customer tidak mengalami gangguan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini