Volvo Gunakan Model XC90 sebagai Basis Mobil Listrik & Hybrid

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 52 2158638 volvo-gunakan-model-xc90-sebagai-basis-mobil-listrik-hybrid-1LjsTvoo0Q.jpg Volvo XC90 akan jadi basis mobil listrik (foto: ist)

LONDON - Strategi membangun lini kendaraan elektrifikasi disampaikan oleh Volvo pada pekan ini. Produsen asal Swedia tersebut mengonfirmasi adanya rencana pengembangan generasi ketiga model Volvo XC90, sebagai kendaraan elektrifikasi baterai penuh (EV) serta model bermesin hybrid.

Pengembangan menuju tahap produksi dari generasi terbaru model Volvo XC90 ini akan menggunakan platform SPA, yang sudah mendapat peningkatan. Seperti dilansir dari laman Autocar, CEO Volvo Hakan Samuelsson menyebut lini keluarga XC90 akan menjadi proyek pertama selepas penyegaran platform SPA tersebut.

 Volvo XC90

Samuelsson juga menyebut model masa depan Volvo, termasuk XC90 akan ditawarkan dengan "Teknologi kendaraan otonom tingkat tinggi, yang berfungsi khusus di jalur bebas hambatan." Namun, teknologi tersebut akan meyesuaikan regulasi terkait kewajiban kendali kendaraan oleh pengemudi yang berlaku di Eropa.

Penggunaan teknologi seperti plug-in hybrid maupun teknologi hybrid ringan dengan mesin bensin, juga jadi pilihan pengembangan oleh Volvo. Keputusan mengenai pemilihan rangkaian teknologi hybrid tersebut penting, karena Volvo akan menghentikan total produksi unit Volvo XC90 bermesin konvensional.

Tipe terendah dalam lini model Volvo XC90 saat ini masih mengusung mesin konvensional berkapasitas 2.0 L bertipe I4, dengan teknologi injeksi langsung (GDI). Mesin tersebut berkekuatan maksimal 250 hp dengan torsi puncak sebesar 258 Nm, yang tersalur seluruhnya melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

 Volvo XC90

Pembaruan pada lini model XC90 ini, menegaskan kebijakan Volvo yang disebut tidak akan menghadirkan model kendaraan elektrifikasi baru secara khusus. Autocar menyebut tugas tersebut akan diemban merek Polestar, yang masih berafiliasi dengan produsen asal Swedia tersebut.

Keputusan untuk melakukan pembaruan teknologi elektrifikasi pada model XC90 juga berpengaruh pada lokasi produksinya. Volvo disebut akan memindahkan pembuatan generasi terbaru lini XC90 dari Torslanda, Swedia menuju fasilitas produksi di South Carolina, Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini