Grab dan Hyundai Luncurkan GrabCar Elektrik

Medikantyo, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 52 2158734 grab-dan-hyundai-luncurkan-grabcar-elektrik-4DiodEhmAP.jpg Kendaraan elektrik Hyundai digunakan untuk GrabCar. Foto : Medikantyo/Okezone.com

TANGERANG - Bergulirnya era kendaraan elektrifikasi di Indonesia mulai terasa di sektor transportasi umum. Contohnya terlihat dengan peluncuran layanan transportasi daring GrabCar Electrik, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pada Senin (27/1/2020) pagi ini.

Pengoperasian layanan ini menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq, berkat kerjasama Grab dengan agen pemegang merek PT Hyundai Motor Indonesia (HMI). Pelanggan bisa mengakses layanan ini, di pintu kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta. Namun, unit kendaraan yang tersedia masih terbatas.

Informasi tersebut didapatkan oleh Okezone melalui salah satu petugas, yang ditemui di lokasi. "Jumlahnya baru 20 unit, poolnya (garasi) ada di kawasan BSD (Tangerang Selatan)," ujar petugas yang enggan disebut namanya. 

Jelang Peluncurannya pagi ini, terdapat seremonial peresmian yang dihadiri segenap pemangku kepentingan. Antara lain Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate; Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia; dan Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia Sung Jong Ha.

Mobil listrik Hyundai Ioniq sendiri merupakan sedan empat pintu yang sudah beredar dua generasi secara global. Paket baterai berkapasitas 38,3 kWh memberi tenaga pada motor listrik berkekuatan 134 hp dengan torsi puncak 295 Nm. Seluruh kekuatan tersebut disalurkan melalui transmisi percepatan tunggal reduction gear.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini