Mengenal Beragam Jenis Perangkat Penyeka Kaca Mobil

Medikantyo, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 52 2159128 mengenal-beragam-jenis-perangkat-penyeka-kaca-mobil-9xrSLHGuFY.jpg Ilustrasi wiper mobil (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Perangkat penyeka air atau wiper mobil secara umum terdiri dari sejumlah bagian komponen seperti motor penggerak, tuas, dan bilah karet penyeka. Fungsi perangkat ini menjadi menonjol ketika pemilik mobil melaju dalam situasi hujan deras maupun badai, untuk menambah visibilitas, dengan menyeka air dari permukaan kaca.

Komponen ini biasanya bekerja dengan pendorong berupa motor listrik, yang gerakannya bisa diatur oleh pengendara melalui tuas yang tersedia. Kecepatan gerakan bilah yang biasanya memakai bahan berupa karet dengan rangka logam itu, disesuaikan berdasarkan kondisi air hujan saat menerpa kaca mobil saat tengah melaju di jalan.

 Wiper Mobil

Uniknya model kinerja perangkat penyeka kaca ini memiliki jenis yang berbeda, berdasarkan penempatan poros penggerak maupun arah gerakannya. Penggunaan prangkat penyeka kaca (wiper) berbeda jenis ini, berdasarkan juga pada bentuk dan permukaan dari kaca depan mobil tersebut sehingga dapat bekerja secara optimal.

Adanya perbedaan jenis wiper mobil ini, tidak selalu berujung pada komparasi mana bentuk serta jenis wiper mobil yang lebih baik. Okezone merangkum beragam bentuk serta penempatan perangkat wiper mobil, yang berasal dari beragam sumber.

Wiper Dua Lengan

 Wiper Mobil

Model ini umum ditemukan pada kebanyakan mobil penumpang umum. Jenis ini kemudian kembali terbagi berdasarkan arah gerakan wiper, seperti searah, berlawanan tertutup, dan berlawanan dengan posisi bilah terbuka. Terdapat juga model wiper mobil dengan jumlah bilah sebanyak tiga buah dengan gerakan searah.

Wiper Lengan Tunggal

 Wiper Mobil

Perangkat penyeka kaca ini hanya menggunakan satu bilah penyeka berukuran cukup panjang untuk dapat membantu pengemudi meningkatkan visibilitas ketika hujan. Biasanya pembagian jenis hanya ditentukan oleh gerakan normal maupun eksentrik.

Wiper Tipe Pantograf dan Obsolet

 Wiper Mobil

Jenis wiper mobil pantograf ini mengacu pada modelnya, yakni dengan dua bilah yang seakan menyatu sebelum menyapu permukaan kaca secara merata. Sementara tipe wiper obsolet dimaksudkan berupa rangkaian wiper dengan adanya sekat pada kaca depan tersebut, baik posisi motor bilah pada bawah ataupun sebelah atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini