Ketatnya Persaingan SUV di Pasar Otomotif Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 52 2159160 ketatnya-persaingan-suv-di-pasar-otomotif-indonesia-PngvBARcLL.jpg Suzuki XL7 model SUV terbaru (foto: Ist)

JAKARTA - Produsen otomotif di Indonesia belakangan mulai giat meluncurkan beberapa model kendaraan sport utility vehicle (SUV) yang ditawarkan kepada konsumen di tanah air. Meski kendaraan model ini mendominasi penjualan terbesar kedua setelah model kendaraan keluarga atau multi purpose vehicle (MPV).

Dalam meluncurkan produk SUV, beberapa produsen terlihat tak main-main dalam pengembangan model terbarunya. Seperti Mitsubishi yang baru saja mengembangkan Xpander Cross yang mengaplikasikan platform Xpander yang dikenal sebagai model MPV. Mitsubishi sendiri tak sekedar mengubah desain dan ground clearence saja. Karena mobil ini dibekali suspensi rebound spring yang nyaman di berbagai kondisi jalan.

 Mitsubishi Xpander Cross

Dari sisi dimesin Xpander cross memiliki bodi lebih lebar 50 milimeter dibanding model MPV, sehingga lebih lapang dalam mendukung kenyamana. Terlebih saat bermanuver SUV ini diklaim lebih stabil. Serta dibekali mesin DOHC 16 valve berkapasitas 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), mesin ini diklaim sangat responsif pada putaran bawah maupun atas. Mitsubishi Xpander dibanderol dengan harga Rp267 juta hingga 286,7 juta.

Tak hanya Mitsubishi yang bermain di kelas SUV, Suzuki sendiri dalam waktu dekat akan meluncurkan model SUV terbarunya yang akan diberi nama XL7. Langkah pengembangannya pun sama dengan Xpander Cross, dimana XL7 akan menggunakan platform dari model all new Ertiga. Hadirnya Suzuki XL7 nantinya dinilai pengamat industri otomotif, Bebin Djuana, tidak akan memengaruhi ceruk pasar pesaingnya yang sudah hadir lebih dulu.

 Suzuki XL7

Hadirnya model terbaru tersebut justru akan meningkatkan gairah pasar kendaraan SUV dengan hadirnya banyak pilihan model yang ditawarkan beberap a produsen otomotif saat ini. "Justru bisa meningkatkan pangsa pasar segmen ini,"kata Bebin saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon.

Meningkatnya peluncuraan model SUV asal pabrikan Jepang sendiri terbilang cukup ramai. Namun produsen lain diluar Jepang sendiri juga telah membaca peluang pasar SUV yang cukup besar di Indonesia. Seperti dua produsen asal Tiongkok DFSK yang meluncurkan Glory 580 serta Wuling Almaz yang menjadi SUV dengan gaya muscle. Hadirnya produk SUV ini secara langsung telah menggoda konsumen di tanah air, salah satunya dengan teknologi yang disematkan pada Wuling Almaz seperti WIND yang diciptakan sebagai perintah suara berbahasa Indonesia untuk mengoperasikan seluruh fitur di dalam mobil.

 Suzuki XL7

Tak hanya teknologi, Wuling Almaz saat ini menjadi SUV yang banyak dipilih karena memiliki mesin kapasitas 1.5 liter menghasilkan output 140hp dengan torsi puncak 250Nm. Teknologi lain yakni transmisi CVT yang dikembangkan bersama Bosch. Mesin dengan perangkat turbo saat ini belum menjadi pilihan bagi produsen Jepang, terlebih ditawarkan dengan harga sangat terjangkau sekira Rp263 jutaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini