Share

Cara Memasang Bilah Wiper Mobil yang Baru

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 00 0000 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 87 2158772 cara-memasang-bilah-wiper-mobil-yang-baru-GOylS9Yhfz.png Ilustrasi wiper mobil. Foto : Pixabay

Memasang penyeka kaca mobil alias wiper bisa jadi gampang. Namun, bila Anda keliru bisa menjadi masalah. Kalau memang benar-benar ingin memasang sendiri, perhatikan cara-cara berikut ini seperti dikutip dari Wikihow :

1. Angkat dan jauhkan lengan wiper logam dari kaca depan mobil. Lengan wiper seharusnya bisa stabil pada posisi tegak lurus dengan kaca depan mobil. Hati-hatilah dengan pengubahan posisi karena lengan wiper logam memiliki per/pegas. Bagian tersebut dapat menyentak kembali serta meretakkan kaca depan mobil.

2. Lepaskan bilah wiper lama. Perhatikan sendi tempat bilah wiper yang terbuat dari karet bertemu dengan lengan berbahan logam. Seharusnya terdapat sebuah sumbat plastik kecil yang menahan bilah pada posisinya. Tekan sumbat tersebut dan lepas bilah wiper lama untuk memisahkannya dari lengan logam.

- Beberapa bilah wiper memiliki penjepit, bukan pengait untuk menahan bilah wiper karet pada posisinya.

- Pastikan satu tangan memegang dan menjauhkan wiper dari kaca depan mobil selama berlangsungnya seluruh proses pelepasan.

- Anda dapat melindungi kaca depan mobil dengan meletakkan selembar handuk yang terlipat. Ini untuk berjaga-jaga jika lengan tersebut menyentak kembali saat Anda sedang mengubah wiper.

3. Pasang wiper baru. Geser wiper pengganti masuk ke dalam ujung yang sama pada lengan dari mana Anda menarik keluar wiper lama. Putar wiper baru dengan lembut sampai pengait terpasang pada tempatnya untuk mengamankan wiper. Rebahkan wiper kembali ke kaca depan mobil.

4. Ulangi dengan wiper kedua. Untuk melakukan penggantian wiper kedua, caranya sama persis seperti penggantian wiper pertama. Cukup pastikan Anda menggunakan ukuran yang tepat untuk setiap sisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini