nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modifikasi Toyota 86 Jadi Mobil Bertenaga Listrik

Rabu 29 Januari 2020 13:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 52 2160064 modifikasi-toyota-86-jadi-mobil-bertenaga-listrik-8B2aRlDBH5.jpg Toyota 86 versi listrik (foto: Carscoops)

JAKARTA - Genetika Toyota 86 sebagai mobil sport racikan Jepang, rupanya membuat pria asal Jerman Philip Schuster melakukan modifikasi pada mobilnya yang terkenal gahar.

Langkah modifikasi yang dilakukan terpusat pada dapur pacu Toyota 86, namun bukan dengan meningkatkan tenaga mesin konvesional yang dibuat lebih bertenaga buas seperti kebanyakan modifikasi lain di sektor mesin.

 Toyota FT 86

Langkah melakukan engine swap atau dikenal dengan amped up atau mengganti mesin konvensional dengan motor listrik. Cara ini dilakukan yakni dengan mencopot seluruh perangkat mesin konvensional dan menggantikan sistem penggeraknya dengan motor listrik.

Sektor pacu dari motor listrik yang dipasangkan ke Toyota 86 sendiri bukan langkah merancang motor listrik sendiri. Philip mengaku menggunakan seluruh komponen motor listrik yang diambilnya dari Nissan Leaf generasi pertama.

Di atas kertas, kekuatan motor listrik Nissan Leaf diketahui memiliki tenaga 200 hp dengan torsi hingga 400 Nm. Secara spesifikasi tenaga dari motor listrik Nissan Leaf sendiri tak jauh berbeda dengan kekuatan mesin konvensional dari Toyota 86.

 Toyota 86

Namun dari besaran torsi motor listrik Nissan Leaf memang terbilang lebih besar dua kali lipat dari torsi Toyota 86. Langkah modifikasi mengganti mesin konvensional dengan motor listrik merupakan ide Philip membangun mobil ramah lingkungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini