Sistem Filtrasi Udara Mobil Tesla Model X Bisa Halau Virus Korona

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 52 2160180 sistem-filtrasi-udara-mobil-tesla-model-x-bisa-halau-virus-korona-7antp3soBS.png Tesla Model X. Foto : Istimewa

Ross Gerber dari Gerber Kawasaki berasumsi bahwa sistem filtrasi udara yang tersemat pada kendaraan Tesla yang disebut filter HEPA bisa jadi sangat dibutuhkan di China. Model X dan S yang dipunyainya memiliki sistem seperti ini. Demikian disampaikannya di akun Twitter Ross pada 27 Januari 2020.

Kendaraan premium yang semuanya menggunakan tenaga penggerak listrik baik yang jenis sedan maupun SUV milik Tesla ini memang di dalamnya disematkan filter HEPA yang kualitasnya setara dengan filter yang digunakan di kebanyakan rumah sakit. Sistem ini dibuat untuk Elon Musk Bioweapon Defense Mode.

Selain di rumah sakit, filter HEPA juga kadang-kadang digunakan di kendaraan umum seperti pesawat terbang untuk menjaga kualitas udara agar terbebas dari partikel-partikel seperti bakteri, mikroba dan juga virus. Menurut riset yang dilakukan oleh Helmbuch et al, filter HEPA 99,97 persen efisien dalam menghalau partikel-partikel berbahaya di udara.

Berdasarkan studi itu pula, rata-rata virus bisa menginfeksi tergantung dari ukuran dan seberapa banyak virus itu bisa melumpuhkan tubuh seseorang. Hasilnya, efektivitas sistem HEPA tergantung pada seberapa banyak virus yang bisa disaring/difilter. Tentu saja perlu diperhatikan juga bahwa ada virus-virus yang sangat kecil sampai filter HEPA pun mungkin tidak bisa menyaring mereka.

Walter MacVane dari EcoHeliGuy menjawab Ross lewat cuitannya. Dia menyebutkan bahwa virus korona (Coronavirus) berukuran 120 nanometer atau 0,12 mikron. Sementara filter udara HEPA dari PALL Aerospace (sebuah perusahaan yang ahli dalam pembuatan teknologi filtrasi untuk penerbangan) mampu mengusir partikel-partikel hingga 99,999 persen. PALL mencatat bahwa virus-virus seperti SARS dan MERS paling tidak mendekati ukuran 0,08 hingga 0,16 mikron.

Seperti dikutip dari Tesmanian, Filter HEPA yang digunakan di pesawat terbang biasanya juga digunakan di rumah sakit. Jadi, filter milik PALL bisa jadi sangat bermanfaat untuk menghalau virus korona. Dalam hal ini model kendaraan S dan X milik Tesla yang memiliki sistem ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini