Keterbatasan Suplai Baterai, Audi Pangkas Target Produksi E-Tron

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 52 2160381 keterbatasan-suplai-baterai-audi-pangkas-target-produksi-e-tron-eMvSUucKXk.jpg Mobil listrik Audi E-Tron (Foto: Okezone/Istimewa)

BRUSSELS - Target produksi mobil listrik Audi e-tron pada fasilitas pabrik di Brussels, Belgia harus dipangkas. Penyebabnya adalah ketidakmampuan produsen baterai LG Chem dalam memenuhi standar permintaan paket yang dibutuhkan Audi untuk merakit model e-tron.

Kegagalan pemenuhan kebutuhan paket baterai tersebut, berakibat pada pengurangan sasaran produksi mobil listrik Audi e-tron menjadi 5.700 unit pada kuarter awal 2020 ini. Angka tersebut menurun sebesar 4.100 unit dari target awal sebesar 9.800 unit yang keluar dari lini produksi pabrik di Brussels itu.

 Audi E-Tron

Audi sedianya memasang target memproduksi sebanyak 24 unit kendaraan tiap jam pada pabrik itu. Namun permasalahan paket baterai buatan LG Chem, menghambat kemampuan lini produksi pabrik di Brussels itu menjadi 20 unit Audi e-tron pada tiap jamnya.

Lini model e-tron sendiri merupakan mobil listrik massal perdana buatan Audi, yang tahapan produksinya sudah mundur beberapa bulan dari jadwal awal. "Produk ini membawa teknologi berkendara baru, yang membuat kami memiliki 300 penyuplai komponen, masalah ini menjadi salah satu hal yang tidak terduga," ujar juru bicara Audi seperti dilansir dari laman Carbuzz.

Selain masalah karena keterbatasan suplai baterai listrik, untuk lini produksinya di Brussels. Audi sebelumnya memilih untuk menunda produksi mobil listrik e-tron karena munculnya masalah pada piranti lunak kendaraan listrik berbasis baterai penuh tersebut sebelumnya.

Audi e-Tron standar disebut bisa memiliki jarak tempuh sampai 436 kilometer menggunakan daya listrik dari paket baterai sepenuhnya. Mengutip dari laman Autocar, jarak jelajah tersebut dihasilkan dengan mengurangi residu torsi saat pengemudi mengerem.

 Audi E-Tron

Motor listrik tunggal yang digunakan Audi e-tron sebagai rangkaian penggerak memiliki kekuatan maksimal 402 hp dengan torsi puncak menyentuh 664 Nm. Seluruh tenaga itu tersalur melalui sistem transmisi otomatis satu percepatan, menuju sistem penggerak empat roda (AWD).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini