nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Risiko Pasang Gembok Bisa Rusak Rem ABS

Rabu 29 Januari 2020 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 29 53 2159995 kenali-risiko-pasang-gembok-bisa-rusak-rem-abs-8wpqyCi5wI.jpg Teknologi rem ABS (foto: ist)

JAKARTA - Teknologi rem anti-lock braking system (ABS) kini telah banyak digunakan pada sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil. Seperti sepeda motor skuter matik yang kini sudah banyak disematkan teknologi ABS.

Namun perangkat ABS ini memerlukan beberapa perhatian khususnya bagi pemilik sepeda motor yang sering menggunakan gembok cakram untuk menambahk keamanan sepeda motor dari pencurian.

 Rem ABS

Seringnya pemilik motor lupa membuka gembok di cakram dan baru mengetahui saat melajukan motor, justru bisa membuat sensor ABS rusak. Namun kondisi kerusakannya menurut Endro Sutarno Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), terbilang cukup ringan.

"Biasanya jika ada gembok dan lupa membuka, sering terjadi kondisi pulse ringnya yang bengkok," ungkapnya.

Dalam kondisi seperti ini, menurut Endro hanya perlu melakukan perbaikan pada pulse ring dengan cara mengembalikannya perangkat yang bengkok ke posisi semula.

Namun jika pulse ring retak maka perlu dilakukan penggantian dengan biaya yang masih cukup terjangkau. "Jika pulse ring retak memang harus diganti, mudah dan murah penggantiannya," jelas Endarto.

 rem abs

Rusaknya rem ABS sendiri ditegaskan tidak akan membuat sistem kerja rem tidak akan bekerja. Sehingga saat teknologi rem ABS bermasalah sistem pengereman manual akan tetap bekerja seperti biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini