Mengenali Modus Pencopet di Kendaraan Umum, Waspada

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 87 2160515 mengenali-modus-pencopet-di-kendaraan-umum-waspada-9586kLIEyz.png Ilustrasi dompet. Foto : Pixabay

Penjahat atau pencopet, salah satu hal yang membuat pengalaman naik kendaraan umum menjadi sungguh sangat tidak menyenangkan. Dia bisa mengubah rencana perjalanan singkat Anda menuju kantor menjadi malapetaka yang membuat trauma naik kendaraan umum seumur hidup.

Untungnya, penjahat dan trik yang mereka gunakan bisa dikenali. Dengan demikian Anda bisa mengantisipasi apabila ada orang-orang yang memang mencurigakan di sekitar Anda. Berikut ini kiat mengenali penjahat di kendaraan umum seperti dikutip dari keterangan resmi Humas Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta :

Penjahat yang Mencuri Barang

Mengenali Secara Fisik:

Biarpun ini kesannya jadi stereotyping, tapi tidak ada salahnya berhati-hati kalau Anda menjumpai orang semacam ini di dalam kendaraan umum. Entah kenapa, pada umumnya secara fisik mereka serupa.

1. Biasanya berusaha memakai baju yang terlihat rapi, tapi jatuhnya agak terlihat lusuh. Mungkin ini mereka lakukan supaya kamu mengira mereka orang kantoran.

2. Biasanya membawa tas punggung yang ditaruh di depan.

3. Wajah mencurigakan. Nah ini agak susah sih. Karena biasanya yang bisa tahu cuma yang sudah berpengalaman naik kendaraan umum.

4. Kalau orang ini baru naik kendaraan umum terus tiba-tiba langsung turun lagi, kemungkinan dia penjahat.

Mengenali secara fisik saja sangat sulit. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan hal berikutnya.

Mengenali Lewat Modus :

Modus penjahat di bis itu ada banyak, tapi belakangan ini mereka sudah kurang variatif, sehingga Anda bisa mengantisipasi. Digabungkan dengan mengenali si penjahat secara fisik, berikut adalah hal-hal yang patut membuat Anda curiga:

1. Masuk bergerombol, biasanya terdiri dari 3 orang atau lebih.

2. Orang ini mepet-mepet Anda, padahal ada ruang lebih. Kalo ini terjadi, langsung menjauh

3. Dia memaksa duduk di bagian dalam kursi, padahal itu sempit sekali. Mendingan Anda langsung berdiri saja.

4. Tiba-tiba ada orang yang bagi-bagi brosur pemijatan alternatif, terus mulai memijat-mijat Anda. Kalau ini sampai terjadi, langsung bergerak. Kalau perlu langsung turun. Jangan lupa selalu konsentrasi ke barang bawaan Anda.

5. Ada orang yang sok-sok kehilangan koin terus berusaha mencari koin di sekitar Anda. Jangan terpengaruh, konsentrasi ke barang bawaan Anda.

6. Ada yang tiba-tiba muntah. Itu adalah distraksi. Konsentrasi terus ke barang bawaan Anda.

7. Apapun yang sifatnya berusaha menyentuh Anda, hindari. Kuncinya adalah selalu konsentrasi ke barang bawaan.

Yang paling sulit adalah penjahat yang mencuri dengan cara merobek tas. Ini biasanya dilakukan tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, sebaiknya anda selalu mendekap tas di bagian depan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini