Share

Ini Ciri Khusus Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 52 2161078 ini-ciri-khusus-pelat-nomor-khusus-kendaraan-listrik-mcrS2N1nXb.jpeg Pelat nomor kendaraan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Pemilik kendaraan berbasis listrik nantinya akan mendapat Tanda Nomor Kendaran Bermotor (TNKB) khusus dari Korlantas Polri. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagara, kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Nantinya penggunaan pelat nomor TNKB ini, hanya boleh dipakai serta didapatkan kendaraan berbasis tenaga baterai penuh. Sedangkan kendaraan dengan teknologi elektrifikasi lain seperti hybrid maupun plug-in hybrid (PHEV) tidak akan bisa menyandang tanda identifikasi kendaraan ini.

 Pelat nomor

Ciri khusus yang digunakan oleh Korlantas Polri selaku penerbit TNKB ini adalah tambahan warna biru, pada ruang bagian bawah. Warna tersebut akan menempati sisi yang sama dengan tercantumnya masa berlaku pelat nomor TNKB, seperti tertera dalam ilustrasi yang didapatkan Okezone dari Korlantas Polri.

Penambahan warna pada ruang bagian bawah TNKB ini masih sesuai dengan Undang-Undang Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengenai registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Begitu juga dengan ketentuan identitas kendaraan berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012.

Tanda khusus berupa warna biru pada sisi bawah pelat nomor itu, dikombinasikan dengan warna sesuai dengan peruntukan kendaraan. Seperti warna hitam oada kendaraan pribadi, kuning untuk angkutan umum, merah pada mobil dinas milik lembaga pemerintah, maupun putih untuk kendaraan diplomat atau kedutaan asing.

Warna biru sendiri digunakan atas hasil rekomendasi forum group discussion (FGD) Korlantas Polri "Lantas disetujui pemberian warna khusus untuk penanda adalah warna biru," kata Halim menjelaskan saat dihubungi melalui pesan singkat kepada Okezone.

 Pelat nomor

Kebijakan dari Korlantas Polri berdasarkan kewenangan untuk melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Terutama terkait dengan penerbitan dokumen seperti BPKB, STNK, serta TNKB tersebut, selurunya menjadi syarat sah kepemilikan kendaraan juga untuk dapat digunakan oleh pengendara di jalan raya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini