nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Perbedaan Transmisi pada Sepeda Motor

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 13:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 31 53 2161200 mengenal-perbedaan-transmisi-pada-sepeda-motor-4nJYu5q7ks.jpg Ilustrasi sepeda motor. Foto : Istimewa

Sejak beberapa tahun belakang, kendaraan matik lebih mendominasi jalanan di berbagai kota di Indonesia. Meski masih ada juga kendaraan yang bukan matik alias bertransmisi manual. Sebenarnya apa itu transmisi dan berapa macam transmisi sepeda motor? Berikut Wahana Honda menyampaikan dalam keterangan resminya :

Transmisi manual

Sepeda motor yang bertransmisi manual ini mengharuskan Anda mengatur gigi sendiri sehingga kecepatan motor tergantung dari gigi yang dipilih, tetapi motor dengan transmisi manual lebih hemat bahan bakar dan lebih siap digunakan untuk medan jalan menanjak, menurun, atau landai.

Perawatan sepeda motor yang bertransmisi manual juga lebih mudah dan lebih hemat. Tetapi ada kekurangan dari jenis motor yang bertransmisi manual yakni harus mengeluarkan tenaga lebih saat mengganti gigi ketika jalanan macet. Di sisi lain harga jualnya juga cukup rendah.

Transmisi otomatis

Saat ini motor matik banyak dipilih karena memang banyak pengendara merasa motor matik lebih nyaman digunakan. Motor matik menggunakan transmisi otomatis, jadi lebih memudahkan pengendara. Hanya perlu menarik dan menurunkan tuas gas untuk menjalankan sepeda motor.

Sepeda motor yang bertransmisi otomatis lebih nyaman dikendarai di jalan raya, terutama saat kondisi jalan raya cukup padat. Tetapi di balik kemudahannya, motor yang bertransmisi otomatis ini lebih boros bahan bakar karena perpindahan gigi diatur oleh mesin.

Dari sisi perawatan juga lebih mahal karena mesin motor yang bertransmisi otomatis lebih rumit dibanding jenis motor lainnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini