Jangan Abaikan 6 Hal Ini Saat Berkendara

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 87 2161173 jangan-abaikan-6-hal-ini-saat-berkendara-2KZmUjsea0.png Ilustrasi pengendara motor. Foto : Pixabay

Setiap pengemudi kendaraan bermotor harus mengikuti aturan yang berlaku. Ini dilakukan agar lalu lintas tertib dan aman. Setiap pelanggaran akan menimbulkan kekacauan dan lalu lintas bisa membahayakan. Karena itu Wahana Honda menyampaikan hal-hal berikut yang harus Anda perhatikan sebagai pengendara :

1. Lengkapi properti pengendara

Berbagai perlengkapan pengendara terutama sepeda motor menjadi hal penting untuk melindungi dan membantu Anda menjalankan kendaraan, antara lain

• Helm. Perlengkapan berkendara yang penting ini memang tidak boleh dilupakan oleh setiap pengendara motor. Pastikan helm kamu memiliki standar SNI yang sudah terjamin kualitasnya ya!

• Kaca Spion. Perhatikan juga kaca spion kendaraanmu. Jika ingin memodifikasi kaca spion, pastikan ukurannya pas agar Anda tidak kesulitan melihat blind spot.

• Sarung Tangan. Jangan lupa memakai sarung tangan untuk melindungi dari paparan sinar matahari saat berkendara di jalan raya.

• Sepatu dan Jaket. Kenakan sepatu yang mampu menutupi seluruh permukaan kaki, minimal menutupi mata kaki. Selain melindungi dari paparan sinar matahari, jaket juga dapat menghangatkan badan saat malam hari.

2. Hindari lewat trotoar dan patuhi rambu lalu lintas

Sepadat apa pun jalan yang kamu lalui, hindari mengambil jalan pintas dengan berkendara di trotoar. Jika dilakukan, itu artinya Anda sudah mengambil hak pejalan kaki. Ingat, pengendara yang baik selalu mendahulukan pejalan kaki. Selain itu, patuhi juga setiap rambu lalu lintas yang ada. Jangan berhenti melebihi garis marka jalan, apalagi sampai melanggar lalu intas. Tunjukkan kalau Anda adalah pengendara yang sabar dan patuh tehadap peraturan lalu lintas.

3. Hindari menggunakan ponsel saat berkendara

Tidak sedikit orang yang menggunakan ponsel saat berkendara, seperti berkomunikasi dengan rekan bisnis, selfie, atau update media sosial. Kebiasaan-kebiasaan ini harus ditahan terlebih dahulu mengingat banyaknya kasus kecelakaan terjadi karena pengunaan ponsel saat bekendara.

Karena itu, sepenting apapun telepon atau chat, jangan sesekali menggunakan ponsel saat berkendara. Jika situasi memaksa, Anda sebaiknya menepi terlebih dahulu. Hindari juga memakai headset saat berkendara karena akan mengurangi konsentrasi.

4. Hindari sikap arogan di jalan

Jangan karena lagi terburu-buru, lalu Anda bertingkah arogan di jalanan. Sebagai alternatif, siapkan jadwal sebaik mungkin dan perhitungkan waktu tempuh yang dibutuhkan. Sikap arogan akan mengganggu serta membahayakan pengendara lain di jalan. Ingat, Anda harus selalu menghargai hak pengguna jalan lainnya karena bagaimanapun keselamatan adalah hal yang utama.

5. Siap siaga tekan tombol sein

Banyak kasus pengendara sepeda motor yang berbelok tanpa memberi tahu akan ke kiri atau kanan. Ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu. Akibatnya, pengendara di samping atau belakang terkena getahnya. Kaget atau terjatuh. Karena itu, biasakan untuk menekan tombol sein bila hendak ke kiri atau kanan. Bahaya sekali bila kita berbelok tanpa memberi tanda terlebih dahulu

6. Jangan kendaraai sepeda motor melebihi beban

Tidak sedikit anak muda yang mengendarai motor sampai tiga hingga lima empat orang dalam satu kendaraan. Selain bisa mengganggu performa kendaraan, hal ini juga bisa membahayakan si penumpang. Beban berat bisa membuat keseimbangan terganggu dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh atau tertabrak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini