Ciri-ciri Busi Kendaraan Sudah Tak Layak Pakai

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 87 2161178 ciri-ciri-busi-kendaraan-sudah-tak-layak-pakai-xZ2YE4E2E7.png Ilustrasi busi kendaraan. Foto : Istimewa

Busi atau spark plug merupakan hal pokok dalam sebuah keberadaan. Tanpa barang satu ini, kendaraan tidak akan bisa ‘menyala’ atau melakukan pembakaran. Karena itu, rutin mengecek busi menjadi kebiasaan penting agar kendaraan selalu siap pakai.

Jika saat diperiksa masih bisa memercikkan listrik dan dalam kondisi tidak ‘gosong’ busi masih bisa dikatakan aman digunakan. Secara lengkap, berikut penjelasan Nissan tentang cara mengetahui bahwa busi kendaraan Anda sudah tidak lagi layak pakai.

1. Berwarna usang atau coklat. Ini merupakan pertanda bahwa busi mobil mendekati masa pensiunnya, sehingga Anda harus segera menggantinya.

2. Berwarna kemerahan-merahan atau kekuning-kuningan. Ini berarti ada hawa panas yang melanda mesin secara berlebihan. Biasanya, masalah ini timbul karena pendingin mesin bermasalah juga.

3. Terjadi kerak atau gosong. Ciri yang satu ini mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi pada bagian pengaturan bahan bakar. Karena itu, cek piranti kelistrikan dan aliran bensin.

4. Busi yang meleleh menggambarkan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibat dari kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.

5. Kerak di kepala busi. Indikasi ini menunjukkan pengaturan bahan bakar buruk yang berakibat pada kebocoran pada bagian sill klep. Alhasil, busi pun bisa kemasukan oli tersebut.

6. Busi yang basah berasal dari sisa-sisa pelumas yang menempel pada kepala busi dan elektroda. Oleh karena itu, periksalah ritme atau timing pengapian. Selain itu perbaiki juga bahan bakar.

Mengganti busi secara berkala akan membuat kendaraan tetap on fire setiap kali hendak digunakan. Anda pun akan dengan nyaman mengendarainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini