Esemka Jadi Mobil Operasional Pemkot Semarang, Ini Spesifikasinya

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 52 2161691 esemka-jadi-mobil-operasional-pemkot-semarang-ini-spesifikasinya-zgeiHmcUpq.jpg Mobil Esemka Bima yang digunakan sebagai mobil dinas di Kementerian Pertahanan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SEMARANG - Kiprah mobil rakitan dalam negeri dari PT Solo Manufaktur Kreasi, Esemka, kembali terdengar. Pemerintah Kota Semarang menghadirkan dua mobil Esemka Bima 1.3 sebagai mobil dinas, seperti disampaikan kepada awak media Jumat 31 Januari 2020 kemarin.

Hadirnya kendaraan komersial dengan bak terbuka itu disambut Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi. "Ini mobil niaga yang keren, tarikannya juga oke karena (bermesin)1.300 cc pokoknya tidak kalah sama mobil Jepang," ujarnya kepada pewarta termasuk Okezone.

Pernyataan dari Hendar tersebut menjadi petunjuk bahwa mobil yang didatangkan oleh Pemkot Semarang adalah Esemka Bima tipe 1.3. Model ini mengusung mesin berkapasitas 1.3 L bertipe I4 DOHC, yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 85 hp dan torsi puncak menyentuh angka 105 Nm.

 Esemka

Secara ukuran mobil ini memiliki panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.990 mm. Mobil yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada September 2019 lalu itu, diperkirakan memiliki jarak tinggi lantai dengan permukaan tanah sekitar 155 mm.

Angka itu didapatkan melihat data yang dimiliki oleh pikap Changan Star yang pernah disebut mempunyai kemiripan tampilan dengan Esemka Bima. Sebelumnya, pikap Esemka Bima juga sudah digunakan sebagai kendaraan operasional lembaga seperti Kementerian Pertahanan dan TNI AU.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini