Pemkot Semarang Ingin Tingkatkan Penggunaan Esemka sebagai Mobil Dinas

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 52 2161727 pemkot-semarang-ingin-tingatkan-penggunaan-esemka-sebagai-mobil-dinas-q84MLIUmZz.jpg Mobil Esemka Bima saat diperkenalkan di Pemkot Semarang (Foto: Okezone.com/pool)

SEMARANG - Sebanyak dua unit mobil Esemka Bima mulai digunakan oleh Pemkot Semarang sebagai kendaraan operasional di satuan BRT Trans Semarang. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, menyebut pihaknya membuka kemungkinan untuk menambah pemakaian unit kendaraan komersial buatan lokal itu.

Penambahan jumlah unit mobil Esemka diupayakan untuk mendorong minat warga pada produk buatan lokal. "Ini sudah dua, anggaran perubahan bisa ditambah dua lagi. Kami upayakan konsisten mendorong produk anak bangsa," kata figur yang kerap disapa Hendi itu kepada awak media.

 Mobil Esemka

Unit mobil Esemka Bima yang digunakan oleh Pemkot Semarang memiliki tipe 1.3 alias mengusung rangkaian mesin 1.3 L. Dengan tipe I4 DOHC, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 85 hp dan torsi puncak menyentuh angka 105 Nm.

Hendi menyebut langkah pemilihan mobil Esemka Bima ini dikarenakan kemampuannya yang bisa bersaing dengan mobil merek lain. "Tarikannya juga oke karena 1.300 cc, dilengkapi power steering dan bisa menggunakan bahan bakar gas dikombinasi Pertalite karena sudah dipasangi converter," ujarnya.

Salah satu hal yang mungkin menjadi perhatian adalah dimensi kendaraan, mengingat jarak lantai kendaraan menuju permukaan tanah diperkirakan hanya sebesar 150 mm. Hal itu bisa menghalangi gerak Esemka untuk beroperasi leluasa di Semarang, yang sejumlah kawasannya kerap digenangi banjir.

Anggaran pengadaan mobil Esemka tipe 1.3 disebut mencapai Rp120 juta per unitnya. Plt Kepala BLU Trans Semarang, Hendrix Setiawan, menyebut angka tersebut membuat Esemka bisa bersaing dengan mobil komersial merek lain di Tanah Air.

 Mobil Esemka

Hendi menjadi salah satu kepala daerah yang mengungkapkan minatnya terhadap mobil buatan Esemka. Figur lain yang menyampaikan ketertarikan adalah atasan Hendi, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Begitu juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini