Pengembangan Model MINI Generasi Terbaru Ditunda Akibat Brexit

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 52 2161800 pengembangan-model-mini-generasi-terbaru-ditunda-akibat-brexit-rKwgtXtylu.jpg (Foto: Istimewa)

MUENCHEN - Pengaruh keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit), membuat perusahaan otomotif mempertimbangkan kembali pengembangan bisnisnya. Termasuk langkah dari produsen BMW Group, yang menjadi pemilik merek kendaraan ikonik asal Inggris, MINI.

BMW menyebut akan menunda pengembangan model produksi terbaru dari MINI, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini berkaitan dengan belum jelasnya kesepakatan perdagangan antara otoritas Inggris dengan Uni Eropa selepas momentum Brexit, yang resmi berlaku Februari ini.

Model produksi modern MINI saat ini memasuki generasi ketiga, telah beredar selama hampir enam tahun sejak kali pertama dipasarkan pada 2014. Generasi selanjutnya diperkirakan akan hadir pada 2022 atau 2023 menggunakan platform produksi baru.

Keputusan penundaan pengembangan model produksi baru ini, membuat platform UKL1 dari BMW masih akan digunakan selama beberapa tahun ke depan. "Masa penggunaan platform akan diperpanjang, karena faktor biaya produksi serta adanya Brexit," kata juru bicara BMW Group, Maximilan Schoeberl kepada Reuters.

 Pengaruh keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit), membuat perusahaan otomotif mempertimbangkan kembali pengembangan bisnisnya.

Sebagian produksi model kendaraan keluaran MINI, termasuk lini elektrifikasinya dibuat di fasilitas produksi Oxford, Inggris. Menariknya, sebagian besar suku cadang serta suplai komponen dalam perakitan mobil tersebut didatangkan dari negara anggota Uni Eropa.

Kegiatan produksi MINI bisa berpindah ke negara lain, jika kesepakatan bisnis Inggris-EU itu tidak tercapai sampai akhir tahun ini. Langkah tersebut akan semakin membesar jika tarif ekspor melonjak cukup tinggi bagi BMW, yang menargetkan penurunan ongkos produksi mobilnya.

Basis produksi model kendaraan MINI masih bisa diperbarui, dengan menghadirkan platform FAAR Architecture milik BMW. Kemungkinan lain juga menyarankan MINI diproduksi dengan platform buatan bersama perusahaan tersebut dengan afiliasinya di China, Great Wall. (AHL)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini