Kinerja Membaik, CEO Jaguar Land Rover Justru Mengundurkan Diri

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 52 2162098 kinerja-membaik-ceo-jaguar-land-rover-justru-mengundurkan-diri-VYCpQST0J4.jpg CEO Jaguar Land Rover Ralf Speth (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Pasang surut dialami produsen Jaguar Land Rover dalam kurun waktu dua tahun belakangan. Anjloknya minat kendaraan bermesin diesel, sedan, serta pertumbuhan negatif permintaan di pasar China sempat berakibat kerugian besar pada pengujung 2018 lalu.

Kinerja produsen asal Inggris tersebut lantas membaik pada 2019, ditandai dengan membaiknya kondisi neraca keuntungan. Laporan terkini dari Jaguar Land Rover (JLR) menyebut perusahaan tersebut sudah kembali meraup keuntungan dari penjualan selama tahun lalu.

 Jaguar Land Rover

Catatan positif tersebut diperkirakan akan berlanjut dengan pengenalan model terbaru Range Rover Sport, ditambah persiapan lini kendaraan elektrifikasi Jaguar XJ. Namun, potensi pertumbuhan ini tidak akan berlangsung dalam kendali pengawasan CEO Jaguar Land Rover saat ini, Ralf Speth, yang memilih turun jabatan pada September 2020 nanti.

Keputusan tersebut dikonfirmasi oleh Pemimpin Utama induk perusahaan JLR, Tata Motors, Natarajan Chandrasekaran. "Ralf sukses mengembangkan perusahaan ini menjadi salah satu produsen terdepan dalam pengembangan teknologi kendaraan segmen premium," kata Chandrasekaran seperti dilansir dari laman Autocar.

Speth disebut akan tetap berada dalam lingkaran dewan pimpinan noneksekutif Tata Sons, sementara komite pencarian penggantinya sudah mulai disusun. "Saya merasa terhormat sekaligus berterima kasih telah bertemu dengan banyak sosok berdedikasi tinggi dan kreatif, baik di dalam maupun luarn lingkaran Jaguar Land Rover," kata Speth.

Dalam masa kepemimpinan Speth, yang dimulai sejak 2010 lalu, Jaguar Land Rover melakukan ekspansi cukup signifikan dalam hal fasilitas produksi. Pembangunan pabrik baru milik JLR dilakukan di China, Amerika Serikat, dan Slovakia setelah Tata Motors mengambil alih kepemilikan JLR dari Ford.

 Jaguar

Model kendaraan baru yang terbilang penting dalam perjalanan JLR, juga diluncurkan selama kepemimpinan Speth. Varian kendaraan tersebut adalah pembaruan model Land Rover Discovery hingga kendaraan elektrifikasi perdana dari produsen ini Jaguar I-Pace.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini