nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produksi Lini SUV Hyundai Terhambat Penyebaran Virus Korona

Medikantyo, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 10:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 03 52 2162377 produksi-lini-suv-hyundai-terhambat-penyebaran-virus-korona-G28DRYoPLe.jpg Mobil SUV Hyundai Palisade (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SEOUL - Pengaruh berantai wabah virus korona (Coronavirus/nCov) di China, mempengaruhi kinerja produksi produsen Hyundai Motor. Untuk sementara, fasilitas produksi Hyundai di Korea Selatan harus menunda produksi mobil SUV Hyundai Palisade karena terhentinya suplai komponen kendaraan dari China.

Sejumlah perusahaan penyuplai suku cadang kendaraan untuk perakitan kendaraan keluaran Hyundai, masih meliburkan karyawan seiring merebaknya penyebaran virus korona itu. Sebelumnya, otoritas China mewajibkan seluruh fasilitas manufaktur, termasuk pembuat suku cadang mobil, meliburkan karyawan sampai 2 Februari kemarin.

 Hyundai

Kebijakan ini akhirnya membuat Hyundai harus menghitung ulang kapasitas produksi serta memetakan kebutuhan suplai komponen, menanggapi terhentinya pasokan dari China. "Penundaan perakitan model SUV Palisade dala fasilitas produksi di Ulsan akan dilakukan selama pekan ini, akibat kurangnya suku cadang," kata juru bicara Hyundai, seperti dilansir dari laman Reuters.

Suplai suku cadang untuk produksi tersebut masih akan didatangkan dari pabrikan di wilayah lain, sampai kegiatan produksi rekanan Hyundai di China kembali berjalan 9 Februari mendatang. Jam kerja tambahan pada akhir pekan di fasilitas produksi milik Hyundai juga mulai ditiadakan sejak pekan lalu.

Vakumnya kegiatan manufaktur suku cadang di China, karena larangan kegiatan dari otoritas setempat juga mempengaruhi aktivitas produsen mobil Korea Selatan lain. Menyusul langkah Hyundai, produsen SsangYong Motor juga mengumumkan penghentian sementara fasilitas produksinya.

Fasilitas produksi dari SsangYong yang kegiatannya terhenti sementara waktu terletak di kawasan Pyongtaek, sebelah selatan Seoul. Penghentian sementara produksi ini akan berlangsung sejak 4 Februari hingga 12 Februari mendatang, akibat kekosongan persediaan suku cadang komponen kelistrikan untuk mobil SUV buatannya.

 Hyunda

Perkembangan kondisi pembatasan kegiatan manufaktur di China akibat wabah korona juga tengah menjadi perhatian produsen kendaraan Korea Selatan lain, seperti General Motors Korea dan Renault Samsung. Namun, keduanya belum memastikan akan menyusul kedua perusahaan lain untuk menghentikan produksi dalam waktu dekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini